Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ciri-ciri Mata Terkena Radiasi HP dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri Mata Terkena Radiasi HP dan Cara Mengatasinya

Menatap layar gadget atau HP kini sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang. Bahkan ada yang bisa melakukannya selama berjam-jam. Masalahnya, terlalu sering atau terlalu lama menatap HP rentan membuat kita mengalami beragam masalah mata, seperti mata lelah, penglihatan kabur, hingga mata merah akibat terkena radiasi dari HP.

Radiasi HP yang bisa menyerang mata ialah radiasi blue light atau radiasi cahaya biru. Radiasi warna ini punya lebih banyak energi per foton cahaya yang bisa menjadi pemicu timbulnya radikal bebas dibandingkan radiasi warna lain. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar HP paling dekat dengan sinar UV. Artinya, selain sinar UV, cahaya biru menghasilkan radiasi paling tinggi.

Apalagi mata kita tidak bisa memblokir radiasi cahaya biru dengan baik sehingga bisa menembus masuk ke dalam retina. Akibatnya, radiasi cahaya biru pada dosis yang cukup tinggi bisa memicu kerusakan oksidatif pada sel-sel sensitif cahaya di retina dan mengganggu kesehatan mata kita.

Ciri-ciri mata terkena radiasi HP

Ada beberapa ciri-ciri mata terkena radiasi HP yang perlu diwaspadai, yakni:

1. Mata kering

Mata kering merupakan ciri-ciri yang paling terasa jelas saat mata terkena radiasi HP. Kondisi ini disebabkan air mata tidak mampu memberikan pelumas yang cukup untuk mata. Mata kering perlu diwaspadai, karena jika kondisi ini terus terjadi, maka bisa menyebabkan penurunan kualitas mata.

2. Sensitivitas terhadap cahaya meningkat

Radiasi dari HP akan menyebabkan mata memiliki sensitivitas terhadap cahaya yang tinggi. Selain cahaya yang terlalu terang dari layar HP, sinar matahari juga bisa menyebabkan sensitivitas ekstrem dan menyakitkan mata.

3. Pandangan kabur

Radiasi dari HP juga bisa menyebabkan pandangan menjadi kabur. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, pastikan untuk segara menemui dokter. Pasalnya, pandangan kabur bisa menjadi gejala penyakit mata seperti katarak, glaukoma, dan mata minus.

4. Mudah lelah

Paparan radiasi HP yang terlalu lama juga akan membuat mata jadi mudah lelah. Pasalnya, mata terus-terusan bekerja keras selama menatap layar ponsel. Kondisi ini pun perlu diwaspadai, lho.

Cara mengatasi mata yang terkena radiasi HP

Mengutip Halodoc, banyak yang merasa khawatir dengan radiasi blue light dari HP. Mereka juga berpikir bahwa kelelahan mata digital atau sindrom penglihatan komputer telah memengaruhi sekitar 50 persen pengguna komputer. Gejalanya bisa sangat dirasakan dari yang ringan hingga berat, seperti mata kering dan iritasi.

Sakit mata yang ringan akan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika Anda mengalami sakit mata berat, segeralah ke dokter untuk melakukan perawatan intensif. Dokter akan memberikan obat yang sesuai dengan penyebab sakit mata tersebut.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah paparan berlebih dari radiasi blue light, yakni:

  • Gunakan HP hanya jika dibutuhkan.
  • Pastikan Anda mengambil jeda rutin selama menggunakan HP.
  • Saat melihat layar HP, akan lebih nyaman jika Anda mengatur cahaya ruangan tetap terang.
  • Batasi penggunaan gadget, terutama pada anak-anak yang mungkin belum menyadari adanya kaitan antara menatap layar HP terlalu lama dan kelelahan mata serta sakit mata.
  • Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk menatap layar komputer atau HP dalam waktu yang cukup lama, Anda bisa memakai kacamata antiradiasi yang bertujuan untuk melindungi penglihatan Anda saat menatap layar komputer atau HP.
  • Anda juga bisa memakai obat tetes mata untuk membantu mencegah dan meredakan mata sakit yang diakibatkan kekeringan.

(M&B/SW/Foto: Freepik)