Type Keyword(s) to Search
TODDLER

8 Makanan Enak dan Bergizi Pengganti Nasi untuk Anak

8 Makanan Enak dan Bergizi Pengganti Nasi untuk Anak

Si Kecil tidak suka nasi bikin Moms pusing! Benar, enggak? Namun, sesungguhnya Moms tak perlu panik jika anak tidak terlalu suka mengonsumsi nasi karena masih ada sejumlah bahan makanan yang bisa menjadi sumber karbohidrat alternatif.

Bukan tanpa alasan nasi menjadi makanan utama mayoritas masyarakat Indonesia. Selain mudah didapat, nasi juga mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh.

Ya, nasi mengandung sekitar 90 persen karbohidrat, 8 persen protein, dan 2 persen lemak. Selain itu, nasi juga merupakan sumber magnesium, fosfor, mangan, selenium, zat besi, asam folat, tiamin, dan niasin yang baik.

Baca juga: 8 Makanan Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Kesehatan Anda

Perlu diketahui, karbohidrat terbagi menjadi 2 macam, yaitu:

1. Karbohidrat kompleks

Dilansir dari situs Hello Sehat, jenis karbohidrat ini cenderung lama dicerna tubuh. Saat dikonsumsi, karbohidrat kompleks akan membuat perut Si Kecil merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Pada umumnya, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks juga mengandung serat sehingga baik untuk pencernaan. Nasi termasuk jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

 2. Karbohidrat sederhana

Berbeda dengan karbohidrat kompleks, karbohidrat sederhana sangat mudah dicerna tubuh. Tak heran jika jenis karbohidrat ini bisa dengan cepat menaikkan gula darah. Karbohidrat ini memang bisa menyediakan energi bagi tubuh dengan cepat. Namun, kekurangannya, makanan sumber karbohidrat sederhana biasanya tidak banyak mengandung nutrisi. Contoh makanan karbohidrat sederhana antara lain gula, kue, dan sirup.

Sayangnya, tak semua anak suka makan nasi. Lalu Moms harus bagaimana? Tak usah khawatir Moms, karena ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi pengganti nasi untuk sumber karbohidrat Si Kecil, antara lain:

1. Oat

Oat termasuk sumber karbohidrat yang baik untuk diberikan Si Kecil. Oat mentah mengandung 65% karbohidrat dan 11% serat. Oat juga sumber protein yang sangat baik, mengandung protein lebih banyak daripada biji-bijian lain.

Moms bisa membuat variasi bubur oat dengan menambahkan potongan daging atau ayam serta sayuran seperti brokoli dan wortel guna menambah variasi rasa. Moms juga bisa membuat variasi bubur oat manis dengan campuran buah-buahan seperti pisang dan berries.

2. Kentang

Sama seperti halnya nasi, kentang juga kaya akan karbohidrat. Menurut situs Alodokter, kentang menyimpan nutrisi lainnya yang penting buat tubuh, seperti serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, serta asam folat. Moms bisa mengolah kentang menjadi mashed potato atau dikukus agar lebih sehat untuk dikonsumsi Si Kecil.

3. Roti

Meski sering dianggap sebagai penganan, roti sebenarnya termasuk sumber karbohidrat. Bahkan di negara Barat, roti cukup umum dikonsumsi sebagai makanan utama karena dianggap bisa mengenyangkan. Moms bisa membuat sandwich roti atau burger isi telur atau daging plus sayuran untuk Si Kecil. Atau Anda juga membuat roti panggang dengan isian cokelat, keju, dan berbagai jenis selai.

4. Ubi jalar

Selain bisa menjadi pengganti sumber karbohidrat kompleks, kandungan serat, vitamin, dan mineral ubi jalar juga baik untuk tubuh. Ubi jalar punya warna yang beragam, mulai dari ubi kuning, ubi ungu, hingga ubi merah.

Rasanya yang manis juga bisa membuat Si Kecil lahap menyantap ubi jalar. Moms bisa mengolah ubi jalar sebagai menu makan utama ataupun camilan dengan cara dikukus, dipanggang, maupun dijadikan vairan menu lainnya yang menarik.

5. Singkong

Sama seperti ubi, singkong juga sering dikonsumsi banyak orang sebagai pengganti nasi. Selain mengenyangkan dan ekonomis, singkong juga mengandung banyak nutrisi, seperti protein, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, folat, zat besi, magnesium, dan zinc.

Nutrisi yang terkandung dalam singkong membuat makanan ini bagus dikonsumsi anak, baik anak balita maupun anak yang lebih besar. Moms bisa menyajikannya dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Selain itu, ada pula olahan singkong seperti nasi tiwul yang memang biasa dikonsumsi sebagai pengganti nasi biasa.

6. Jagung

Tak hanya kaya karbohidrat, jagung juga mengandung serat, protein, vitamin A, vitamin C, magnesium, dan zinc. Jagung juga punya cita rasa manis sehingga Si Kecil bakal suka. Meski aman dikonsumsi, Moms perlu perhatikan tekstur jagung yang hendak disajikan buat anak. Moms sebaiknya mengolah jagung dengan cara dihaluskan dengan blender untuk menghindari risiko Si Kecil tersedak.

7. Quinoa

Quinoa dimakan dengan disiapkan dahulu layaknya gandum. Quinoa yang sudah dimasak mengandung 21,3% karbohidrat, serta tinggi mineral, protein, dan serat. Tak hanya itu, biji-bijian ini juga kaya akan mineral.

8. Pasta

Pasta bisa menjadi makanan pengganti nasi yang paling mudah diolah. Pilihannya pun banyak, mulai dari spaghetti hingga macaroni dengan berbagai bumbu yang akan disukai anak. Agar nutrisi Si Kecil terpenuhi, Moms juga bisa menambahkan protein seperti ikan atau daging cincang dalam olahan pasta. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)