Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Makanan Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Kesehatan

8 Makanan Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Kesehatan

Karbohidrat sering kali dimusuhi akibat kaitannya dengan masalah obesitas atau diabetes. Padahal, USDA/DHHS Dietary Guidelines for Americans 2015-2020 menyarankan untuk mengonsumsi setengah dari kalori kita dalam bentuk karbohidrat.

Karbohidrat sendiri dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Namun, memang tak semua karbohidrat sama. Junk food mengandung tinggi gula sehingga berbahaya, sedangkan makanan whole grain kaya akan serat dan sangat baik bagi tubuh. Maka, memilih makanan yang tepat adalah solusinya. Berikut 8 makanan tinggi karbohidrat yang baik untuk tubuh kita, Moms.

1. Quinoa

Diklasifikasikan sebagai pseudocereal, quinoa dimakan dengan disiapkan dahulu layaknya gandum. Quinoa yang sudah dimasak mengandung 21,3% karbohidrat serta tinggi mineral, protein, dan serat. Tak hanya itu, biji-bijian ini juga kaya mineral. Maka, tak heran bila quinoa berkaitan dengan peningkatan kesehatan, seperti perbaikan kadar gula darah.

Baca juga: 7 Manfaat Quinoa untuk Kesehatan Tubuh Anda

2. Oat

Oat merupakan whole grain dengan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan terbaik. Oat mentah mengandung 65% karbohidrat dan 11% serat. Oat juga sumber protein yang sangat baik, mengandung protein lebih banyak dari biji-bijian lain. Banyak studi menunjukkan bahwa oat dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan menurunkan tingkat kolesterol, membantu mengatasi diabetes tipe 2 dengan menurunkan kadar gula dalam darah, serta membantu menurunkan berat badan karena kaya akan serat.

3. Pisang

Buah ini terdiri dari 23% karbohidrat dan tinggi potasium, vitamin B6, dan vitamin C. Kandungan potasium ini mampu membantu menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan jantung.

4. Ubi

Ubi yang telah dimasak mengandung 18-21% karbohidrat. Selain itu ubi juga kaya provitamin A, vitamin C, potasium, dan antioksidan. Tingginya kandungan antioksidan dalam ubi dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif, sehingga mampu mencegah beberapa penyakit. Bahkan sebuah studi menemukan bahwa molekul karbohidrat di ubi ungu dapat berperan sebagai agen anti-tumor.

Baca juga: Tak Hanya Enak, Ini 7 Khasiat Ubi Jalar untuk Kesehatan

5. Bit

Baik dalam keadaan mentah maupun sudah dimasak, bit mengandung 8-10% karbohidrat. Bit juga dilengkapi dengan vitamin, mineral, dan antioksidan yang mampu membantu memperkuat daya tahan tubuh. Bit juga terbukti tinggi nitrat anorganik, yang berubah menjadi nitrat oksida dalam tubuh Anda. Nitrat oksida bisa membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko beberapa penyakit, dan meningkatkan kinerja fisik.

6. Apel

Secara umum, apel mengandung 13-15% karbohidrat, juga tinggi vitamin C dan antioksidan. Beberapa manfaat kesehatan dari konsumsi apel adalah kadar gula dalam darah yang makin terkontrol dan risiko penyakit jantung yang menurun. Tak hanya itu, apel juga dipercaya mampu menurunkan risiko kanker.

7. Buckwheat

Tidak seperti namanya, buckwheat tidak berhubungan dengan gandum dan tidak mengandung gluten. Buckwheat mentah mengandung 71,5% karbohidrat, sedangkan yang sudah dimasak mengandung 20% karbohidrat. Biji-bijian yang kerap disebut soba ini juga sangat bergizi, mengandung banyak protein, serat, mineral dan antioksidan. Sebagai nilai tambahan, soba dapat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengontrol kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes.

8. Nasi merah

Dibandingkan nasi putih biasa, nasi merah merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Satu cangkir nasi merah yang sudah dimasak mengandung 36 gram karbohidrat. Tak hanya itu, nasi merah juga kaya antioksidan yang baik untuk sistem imun Anda, Moms. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)