Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Manfaat Buah Strawberry untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Buah Strawberry untuk Ibu Hamil

Moms, Anda ngidam makan makanan manis saat hamil? Mengonsumsi buah-buahan bisa jadi solusi sehat untuk Anda lho, salah satunya buah strawberry. Buah berwarna merah ini aman dikonsumsi ibu hamil serta memberikan banyak manfaat bagi kesehatan ibu dan janin.

Strawberry diketahui merupakan sumber vitamin C, folat, potasium, dan serat yang baik serta menjadi nutrisi penting bagi Anda dan janin yang sedang berkembang. Selain itu, masih banyak manfaat luar biasa lainnya bila bumil mengonsumsi buah strawberry, di antaranya:

1. Meningkatkan imunitas

Imunitas tubuh penting dijaga selama hamil untuk mendukung kesehatan kehamilan dan pertumbuhan janin. Nah, strawberry tinggi akan vitamin C dan mineral yang bekerja untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya berbagai infeksi.

Selain itu, strawberry juga mengandung senyawa alami yang dikenal sebagai polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bisa membantu mendukung kesehatan bumil dan janin. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa polifenol dapat berperan dalam mengurangi risiko komplikasi kehamilan seperti preeklampsia dan diabetes gestasional.

2. Meningkatkan penglihatan

Selain tinggi vitamin C dan mineral, strawberry kaya akan vitamin A yang baik untuk memperkuat kornea dan retina mata, sehingga bisa melindungi penglihatan sekaligus mengurangi kemungkinan terjadinya kebutaan terkait usia atau bahkan katarak.

3. Menurunkan risiko anemia

Melansir laman Rumah Sakit Hermina, diketahui sekitar 14-62% wanita di negara berkembang mengalami anemia saat hamil. Kehilangan sel darah merah bisa meningkatkan risiko terkena anemia. Untuk itu, bumil disarankan makan makanan tinggi vitamin C, seperti strawberry, untuk meningkatkan penyerapan zat besi yang lebih besar guna memproduksi sel darah merah.

Baca juga: 10 Khasiat Strawberry untuk Kesehatan Anda dan Keluarga

Manfaat Makan Stroberi untuk Ibu Hamil

4. Menghindari sembelit

Sembelit adalah hal yang lumrah terjadi ketika hamil. Hal ini salah satunya bisa disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron di masa kehamilan. Untuk menghindari sembelit, Moms disarankan mengonsumsi makanan kaya serat, salah satunya strawberry. Konsumsi makanan kaya serat bisa membantu pergerakan usus, sehingga buang air besar pun lancar.

5. Mengurangi efek penuaan

Racun yang ada di dalam tubuh bisa mengakibatkan kerusakan internal dan mempercepat penuaan. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam strawberry bisa membantu memperbaiki kerusakan, sehingga mencegah penuaan.

6. Mencegah penyakit jantung

Strawberry juga diketahui mengandung kalium. Kalium baik untuk jantung karena bisa menurunkan tekanan pembuluh darah yang pada gilirannya akan membantu pengaturan tekanan darah dan pencegahan penyakit kardiovaskular.

7. Mencegah bayi lahir cacat

Bumil disarankan untuk memenuhi kebutuhan asam folat guna membantu mencegah kemungkinan bayi lahir cacat. Salah satu sumber makanan yang mengandung asam folat yang baik adalah strawberry.

Cara menikmati strawberry saat hamil

Strawberry merupakan buah yang tak cuma lezat tapi juga kaya akan nutrisi. Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk menikmati buah satu ini saat hamil. Anda bisa menjadikannya sebagai bahan utama membuat smoothies, mencampurkannya dengan buah lain untuk dinikmati sebagai salad buah, menjadikannya sebagai camilan dengan dicelupkan pada yoghurt, menjadikannya sebagai topping pada oatmeal yang disajikan saat sarapan pagi, atau menggunakan irisan strawberry untuk dijadikan sebagai pemanis pada makanan penutup Anda.

Namun, ingat Moms. Meski strawberry menawarkan banyak manfaat, penting bagi kita untuk mengonsumsi buah satu ini dalam jumlah sedang. Pasalnya, mengonsumsi strawberry dalam jumlah berlebihan selama kehamilan bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti kadar gula darah yang tinggi.

Pastikan pula untuk memilih, mencuci, dan menyimpan strawberry dengan baik agar terbebas dari bakteri atau pestisida berbahaya sebelum Anda mengonsumsinya selama hamil, ya. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Pvproductions, Drobotdean/Freepik)