Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Gairah Seksual

10 Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Gairah Seksual

Mau hubungan rumah tangga selalu hangat seperti pengantin baru? Tak bisa dimungkiri, kehidupan seks yang baik bisa jadi perekat yang membuat Moms dan Dads mesra terus!

Karena itu, penting juga nih untuk memastikan stamina dan gairah seksual Anda dan pasangan selalu membara. Salah satu cara mudahnya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman peningkat gairah seksual.

Bukan mitos bukan sihir, beberapa makanan dan minuman memang sudah terbukti secara penelitian bisa meningkatkan gairah seksual, lho. Makanan dan minuman seperti ini juga dikenal dengan sebutan menu aphrodisiac. Penasaran? Coba simak daftar menunya di bawah ini, ya.

1. Tiram

Tiram atau kerang-kerangan (oyster) sepertinya merupakan menu aphrodisiac yang paling terkenal ampuh bisa meningkatkan gairah seksual. Ini karena kerang-kerangan memang kaya akan kandungan zinc yang baik untuk meningkatkan aliran darah (termasuk aliran darah ke organ seksual). Menurut sebuah penelitian pada tahun 2018, zinc berperan penting pada kesuburan pria karena bisa menormalkan kadar testosteron.

Tidak suka atau alergi kerang-kerangan? Beberapa makanan ini juga kaya akan zinc: daging sapi, kacang-kacangan, sereal fortifikasi zinc, dan biji labu.

2. Salmon

Salmon dikenal kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Enggak cuma salmon, ikan lain yang dagingnya berwarna agak pink juga baik untuk meningkatkan gairah seksual Anda, contohnya sarden, tuna, dan halibut. Kenapa omega-3 penting? Karena menurut penelitian, ini bisa membantu mencegah pembentukan plak di pembuluh darah, sehingga aliran darah jadi lebih lancar. Omega-3 juga membantu mengurangi risiko terkena beberapa penyakit yang terkait fungsi seksual, lho.

3. Apel

Buah yang satu ini memiliki komponen bernama quercetin, suatu antioksidan tipe flavonoid yang baik untuk kesehatan tubuh (termasuk gairah seksual). Quercetin juga terbukti bisa mengurangi tekanan darah jika dikonsumsi setidaknya 500 mg per hari.

Tekanan darah tinggi bisa jadi penyebab disfungsi seksual pada pria. Mengutip Healthline, studi melaporkan adanya 14% pengurangan terjadinya disfungsi ereksi pada pria yang banyak mengonsumsi buah tinggi quercetin, seperti apel, strawberry, blueberry, ceri, buah sitrus, dan anggur.

4. Jus buah bit

Mungkin belum banyak yang tahu kalau bit merah bermanfaat untuk meningkatkan gairah seksual. Buah bit kaya akan antioksidan dan vitamin. Kandungan nitrat dalam buah bit berguna untuk proses vasodilatasi atau proses pelebaran pembuluh darah agar aliran darah makin lancar. Hal ini juga baik untuk kontraksi otot, termasuk otot di area yang digunakan untuk bercinta. Tak heran jika para atlet menggunakan nitrat untuk meningkatkan performa mereka di lapangan.

Sebuah penelitian bahkan menyarankan minum satu dosis jus bit setiap beberapa hari untuk meningkatkan performa saat olahraga intensitas tinggi. Jus buah bit untuk meningkatkan gairah seksual? Tentu bisa, dong!

5. Delima

Buah delima atau pomegranate sering disebut sebagai simbol kesuburan dan peningkat gairah seksual. Bukan sekadar mitos, buah ini memang terbukti banyak manfaatnya untuk kesehatan (dan urusan bercinta) lho, Moms.

Mengutip WebMD, para pakar menyebutkan bahwa minum jus delima atau pomegranate bisa memperbaiki mood (suasana hati), melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan kadar testosteron. Semua itu bagai "bahan bakar" yang dibutuhkan untuk memanaskan sesi bercinta pasangan suami istri, kan?

6. Dark chocolate

Cokelat identik dengan Hari Valentine? Bukan tanpa sebab nih, Moms! Cokelat (khususnya dark chocolate) memang berkaitan erat dengan meningkatnya hormon serotonin atau hormon cinta! Cokelat tidak hanya bisa memperbaiki suasana hati, tetapi juga menjadi makanan peningkat gairah seksual. Cokelat kaya akan phenylethylamine, senyawa di otak yang berkaitan dengan cinta dan gairah seksual.

7. Semangka

Lirik lagu “Watermelon Sugar” dari Harry Styles sepertinya dibuat setelah membaca penelitian tentang kaitan semangka dengan cinta dan gairah seksual, nih. Mengutip WebMD, semangka punya kandungan asam amino yang disebut citrulline.

Setelah makan semangka, tubuh Anda akan mengubah citrulline menjadi arginine, bentuk asam amino lain yang membantu tubuh juga pembuluh darah menjadi lebih nyaman. Kondisi ini akan membuat aliran darah dipompa ke organ seksual, proses yang sama persis ketika obat Viagra mengatasi disfungsi ereksi.

8. Kopi dan teh

Minuman ini mengandung kafein yang memberikan "percikan" bagi sistem saraf manusia, sehingga membantu performa bercinta. Kafein yang tidak berlebih juga bisa membantu mengurangi risiko disfungsi ereksi. Selain menjadi minuman yang bisa meningkatkan gairah seksual, kopi dan teh juga bisa membantu tubuh sehat karena adanya antioksidan. Walau enak, jangan diminum mendekati waktu tidur, ya!

9. Red wine

Sedikit red wine bisa menjadi minuman yang meningkatkan gairah seksual lho, Moms. Sama seperti apel, red wine juga mengandung quercetin yang memperbaiki peredaran darah.

Sebuah studi meneliti 798 wanita yang sering minum red wine. Hasilnya, mereka cenderung memiliki hasrat seksual, lubrikasi, dan fungsi seksual keseluruhan yang lebih baik dibandingkan wanita yang tidak pernah minum red wine. Pastikan konsumsi red wine tidak lebih dari 2 cup per hari ya, karena kalau berlebih hasilnya justru akan sebaliknya.

10. Green tea

Minuman teh hijau ini bisa membantu meningkatkan gairah seksual dan terkenal baik untuk menambah libido. Green tea kaya akan kandungan catechins yang melancarkan peredaran darah ke organ seksual. Ini tentu penting untuk dijadikan minuman peningkat gairah seksual Anda ya, Moms dan Dads! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Louis Molinero/Freepik)