Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Moms, Ini 8 Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Moms, Ini 8 Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Moms dan calon moms pasti sudah hafal dengan ciri-ciri kehamilan, contohnya munculnya keluhan kehamilan seperti mual muntah. Namun, jauh sebelum munculnya keluhan kehamilan, sudah muncul ciri-ciri hamil muda yang perlu diketahui lho, Moms.

Jika sudah muncul ciri-ciri kehamilan di 1 minggu pertama, Moms bisa memastikannya dengan melakukan tes kehamilan, seperti menggunakan test pack di rumah atau ke dokter kandungan untuk dilakukan USG dan tes darah. Sayangnya, biasanya kehamilan baru bisa terdeteksi secara akurat oleh alat setidaknya 10 hari setelah telat menstruasi.

Nah, agar tidak menduga-duga dan kehamilan cepat terdeteksi, Moms bisa mengenali ciri-ciri hamil muda di 1 minggu pertama. Apa saja ciri-cirinya? Cek di bawah ini ya, Moms.

1. Test pack masih negatif

Jika Moms melakukan tes kehamilan di rumah tepat saat mulai terlambat menstruasi, maka hasilnya mungkin masih negatif. Anda mungkin masih santai saja karena tidak sadar sedang hamil, padahal saat ini mungkin Anda sudah hamil 4 minggu. Untuk itu penting mengenali ciri-ciri hamil 1 minggu pertama, agar kehamilan segera terkontrol sejak awal.

2. Perut kembung

Saat ini tubuh Anda sedang mulai mengubah mode dari yang biasanya menjadi mode kehamilan. Sistem pencernaan menjadi salah satu lokasi tercepat yang berubah dalam tubuh bumil. Kini sistem pencernaan jadi lebih lambat, sehingga proses mencerna makanan pun akan lebih lambat dibandingkan biasanya. Inilah yang menyebabkan perut terasa kembung di hamil muda 1 minggu pertama.

3. Konstipasi

Jika tidak disertai dengan pola makan sehat kaya serat, ibu hamil muda mungkin bisa mengalami sembelit atau konstipasi. Penjelasannya sama dengan perut kembung, yaitu karena meningkatnya hormon progesteron yang membuat otot di seluruh tubuh lebih santai, termasuk sistem pencernaan yang juga jadi lebih santai.

Sistem pencernaan yang melambat ini menyebabkan makanan terproses lebih lama di dalam perut dan akibatnya feses jadi lebih keras untuk dikeluarkan. Agar hal ini tidak terjadi, jangan lupa konsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan ya, Moms.

4. Ada bercak darah

Awal kehamilan sering ditandai dengan muncul bercak darah. Jika tak sadar, bumil mungkin akan mengira bercak ini sebagai tanda akan segera menstruasi. Jangan khawatir, karena bercak darah umumnya muncul karena terjadi implantasi atau menempelnya embrio (hasil pembuahan ovum dan sperma) ke dinding rahim.

Baca juga: Ini Perbedaan Telat Haid dengan Hamil yang Perlu Anda Tahu

5. Perut kram

Salah satu ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama adalah kram perut. Mungkin mirip dengan kram perut saat mau menstruasi, tetapi kali ini terasa lebih intens. Kram perut terjadi karena implantasi embrio di dinding rahim, alasan yang sama dengan penyebab munculnya bercak darah. Lalu, bagaimana membedakan kram implantasi dengan kram menstruasi? Menurut BabyCenter, kram implantasi terjadi hanya 1 atau 2 hari.

6. Lelah

Tiba-tiba merasa mudah lelah? Jangan kaget, ini mungkin tanda awal kehamilan, Moms. Mengutip BabyCenter, hal ini mungkin disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron secara cepat, sehingga tubuh terasa lebih mudah lelah dibandingkan biasanya.

Mudah lelah adalah keluhan kehamilan yang umum terjadi di trimester awal. Namun jangan khawatir, karena bumil akan merasa lebih bertenaga begitu memasuki trimester kedua. Untuk mencegah mudah lelah, pastikan Anda cukup tidur dan tidurnya berkualitas ya, Moms.

7. Payudara nyeri

BabyCenter juga menyebutkan bahwa salah satu ciri kehamilan muda adalah payudara terasa nyeri dan lebih sensitif dibandingkan biasanya. Nyeri ini juga disertai payudara yang membengkak dan rasa sakitnya mirip nyeri payudara saat mau menstruasi, tapi versi sedikit lebih ekstra. Penyebabnya adalah meningkatnya hormon-hormon kehamilan, aliran darah lebih deras, sehingga payudara membengkak dan terasa nyeri.

8. Mood swing

Ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama lainnya adalah mood swing atau perubahan suasana hati dengan cepat. Anda bisa tiba-tiba senang, sedih, marah, dan murung dalam waktu cepat. Ada saja deh sikap Dads yang bikin Moms marah, padahal sebelumnya biasa saja. Mood swing ini normal terjadi sejak awal kehamilan.

Menurut BabyCenter, penyebab mood swing saat hamil karena perubahan hormon bumil memengaruhi neurotransmitter (kimia otak) yang mengubah respons Anda terhadap sesuatu menjadi berubah dan lebih fluktuatif.

Ada bumil yang merasa emosinya memuncak dengan cepat (baik emosi negatif atau positif) dan ada yang merasa depresi atau mudah cemas. Jika perubahan mood ini sudah sangat mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater agar diberikan solusi terbaik. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)