Type Keyword(s) to Search
BABY

9 Makanan Penyebab Sembelit pada Bayi

9 Makanan Penyebab Sembelit pada Bayi

Moms, saat mengetahui bayi Anda buang air besar (BAB) secara teratur, tentu Anda merasa senang karena ini merupakan tanda sistem pencernaannya berjalan dengan baik dan lancar. Namun, saat bayi tidak BAB dalam beberapa hari, Anda mungkin saja merasa khawatir dan curiga akan kemungkinan Si Kecil mengalami sembelit. Nah, apa yang dimakan bayi diketahui menjadi salah satu penyebab ia sembelit.

Sembelit pada bayi biasanya terjadi saat Moms mulai memberikan Si Kecil makanan pendamping ASI. Baik makanan padat maupun makanan cair, keduanya bisa menyebabkan sembelit pada bayi. Nah, berikut ini beberapa makanan yang menjadi penyebab sembelit pada bayi yang perlu Moms waspadai.

Baca juga: Langkah Tepat Mengatasi Sembelit pada Anak

1. Susu formula

Susu formula jadi alternatif pilhan saat ibu tidak bisa memberikan ASI kepada bayinya. Namun, Moms perlu waspada. Susu formula terdiri dari bahan-bahan yang sulit dicerna yang bisa mengakibatkan sembelit. Susu formula bahkan mengandung protein kompleks yang dapat mengeraskan feses sehingga menyebabkan sembelit pada bayi. Karenanya, Moms perlu cermat dan berhati-hati dalam memilih susu formula untuk diberikan kepada bayi Anda.

2. Pisang mentah

Pisang matang lebih baik diberikan pada bayi dibandingkan pisang mentah. Bila Moms memberikan pisang mentah kepada bayi Anda, Si Kecil mungkin akan mengalami sembelit dan masalah lambung. Pisang yang mentah atau kurang matang diketahui mengandung pati yang bisa sulit dicerna oleh bayi.

3. Apel

Saat Si Kecil mengalami diare, apel merupakan buah yang baik dikonsumsi karena bisa membantu mengeraskan feses. Beda halnya dengan apel yang dikukus, yang justru bisa memicu sembelit pada bayi. Selain itu, hindari pula memberikan saus apel kepada bayi karena kandungan protein pektinnya bisa mengeraskan tinja.

4. Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran yang dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan jadi favorit para ibu untuk makanan anaknya. Namun, Moms perlu berhati-hati memberikan wortel kepada bayi Anda. Pasalnya wortel yang dikukus atau dimasak bisa memicu sembelit karena dapat cenderung memadatkan feses sehingga bayi jadi sulit mengeluarkannya.

5. Kentang

Kentang diketahui mengandung sekitar 3 gram serat dan merupakan makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah sembelit. Namun, jika Moms memberikan bayi Anda keripik kentang atau kentang dengan mentega, ini mungkin bisa menyebabkan Si Kecil mengalami sembelit.

6. Nasi

Nasi dan bubur merupakan dua makanan padat yang tak jarang diberikan orang tua sebagai makanan padat pertama untuk bayi mereka. Namun, ternyata beberapa bayi diketahui kesulitan mencerna nasi dan berujung mengalami sembelit. Pasalnya diketahui nasi memiliki sifat mengikat, yang artinya menyerap air di usus, sehingga membuat feses jadi sulit dikeluarkan.

7. Roti putih

Meski terbuat dari tepung serbaguna yang merupakan bentuk olahan dari biji-bijian, roti putih mengandung rendah serat. Sementara makanan berserat diketahui dapat melancarkan pencernaan, roti putih yang rendah serat justru bisa menyebabkan sembelit pada bayi.

8. Keju

Keju merupakan salah satu makanan super untuk bayi karena kaya akan vitamin dan mineral penting. Meski terkadang keju hanya diberikan pada bayi sebagai makanan ringan, ada baiknya Moms tidak terlalu sering memberikannya pada Si Kecil karena keju rendah kandungan serat sehingga bisa menyebabkan Si Kecil mengalami sembelit.

9. Yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri baik yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Namun, ada kandungan pada yoghurt yang sulit dicerna bayi sehingga bisa menyebabkannya sembelit.

Baca juga: Cara Aman dan Efektif Mengatasi Bayi Sembelit

Waspada! Ini tanda sembelit pada bayi

Sembelit merupakan gangguan pencernaan yang bisa membuat bayi merasa sangat tidak nyaman. Berikut ini beberapa tanda atau gejala yang ditunjukkan bayi Anda saat ia mengalami sembelit, Moms.

  • Bayi tampak gelisah dan rewel
  • Bayi mengejan saat mencoba BAB
  • Bayi makan lebih sedikit daripada biasanya
  • Ada robekan yang mungkin muncul di kulit sekitar anusnya dan terkadang sampai berdarah
  • Dalam beberapa kasus, perut bayi terlihat kembung atau tampak lebih besar daripada biasanya.

Dengan menemukan tanda atau gejalanya lebih awal, tentu Moms bisa melakukan penanganan cepat saat Si Kecil mengalami sembelit. Pertimbangkan pula saat hendak memberikan daftar makanan di atas untuk mencegah terjadinya sembelit pada bayi Anda ya, Moms. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Pch.vector/Freepik)