Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Calcifar Plus untuk Ibu Hamil, Amankah Dikonsumsi?

Calcifar Plus untuk Ibu Hamil, Amankah Dikonsumsi?

Di masa kehamilan, ibu hamil butuh asupan nutrisi yang cukup untuk memastikan kesehatan janin di dalam kandungan dan dirinya sendiri. Selain nutrisi yang didapatkan dari makanan, bumil juga butuh asupan nutrisi tambahan dari suplemen kehamilan. Calcifar Plus adalah salah satu suplemen yang mengandung kalsium tinggi, yang diperlukan untuk mendukung kehamilan yang sehat.

Nah, di artikel ini, M&B akan menjelaskan lebih jauh tentang Calcifar Plus untuk ibu hamil, termasuk manfaat Calcifar Plus dan dosis Calcifar Plus untuk bumil. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini ya, Moms!

Manfaat Calcifar Plus untuk ibu hamil

Kalsium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan bumil. Namun, sayangnya tubuh tidak dapat memproduksi kalsium sendiri, sehingga Anda membutuhkan asupan mineral ini dari luar.

Baca juga: Ini Manfaat dan Pentingnya Kalsium untuk Ibu Hamil

Berkat kandungan kalsiumnya yang tinggi, mengonsumsi Calcifar Plus selama kehamilan bisa mendukung pembentukan tulang dan gigi bayi yang kuat serta pembentukan jantung, saraf, dan otot yang sehat. Mendapatkan cukup kalsium selama masa kehamilan juga bisa mengurangi risiko hipertensi, preeklampsia, dan mencegah kelahiran prematur.

Jika Moms tidak mendapatkan cukup kalsium saat hamil, tubuh akan melakukan apa pun untuk menjaga bayi Anda, termasuk mengambil kalsium dari tulang Anda sendiri untuk diberikan kepada Si Kecil. Hal ini tentu saja akan mengganggu kesehatan Anda dan bisa berpengaruh juga pada kehamilan.

Selain kalsium, Calcifar Plus juga mengandung vitamin D3 yang bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh jadi lebih cepat.

Menurut Permenkes No. 28 Tahun 2019 tentang angka kecukupan gizi (AKG), selama kehamilan, kebutuhan kalsium ibu hamil usia 19-49 tahun adalah sebanyak 1.200 mg per hari. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian, Moms bisa mengombinasikan konsumsi makanan tinggi kalsium dengan suplemen penambah kalsium, Calcifar Plus, misalnya.

Dosis Calcifar Plus untuk ibu hamil

Calcifar Plus tersedia dalam bentuk tablet kunyah yang terdiri dari kalsium 500 mg dan vitamin D3 200 IU. Karena suplemen ini merupakan tablet kunyah, maka pastikan seluruh tablet sudah terkunyah sebelum Anda menelannya. Dosis Calcifar Plus untuk ibu hamil yang dianjurkan adalah 1-2 tablet 1 kali sehari. Sementara itu, waktu yang tepat mengonsumsi Calcifar Plus untuk bumil adalah setelah makan atau bersama makanan. Dan bumil dianjurkan untuk banyak minum air putih setelahnya.

Harga Calcifar Plus bisa berbeda-beda di tiap apotek, tetapi umumnya, harga per 1 strip isi 10 tablet berkisar antara Rp2.000-Rp9.000.

Amankah Calcifar Plus untuk ibu hamil?

Calcifar Plus adalah suplemen penambah kalsium yang aman dikonsumsi selama kehamilan. Meski begitu, Moms sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi Calcifar Plus saat hamil. Dokter Anda akan memberikan dosis dan petunjuk konsumsi sesuai dengan kondisi kehamilan Moms.

Meskipun begitu, ada beberapa efek samping umum yang mungkin Anda rasakan setelah minum Calcifar Plus, yakni sembelit, sakit perut, mual dan muntah, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, serta jantung berdebar. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini setelah mengonsumsi Calcifar Plus, segera periksakan diri ke dokter agar gejala tersebut tidak bertambah parah.

Itulah semua yang perlu Anda tahu tentang Calcifar Plus untuk ibu hamil. Sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda sebelum mengonsumsi suplemen apa pun selama kehamilan, Moms! (M&B/Fariza Rahmadinna/Foto: Lookstudio/Freepik)