Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Makanan Pedas?

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Makanan Pedas?

Makanan pedas merupakan salah satu jenis makanan yang digemari orang Indonesia. Bagi pecintanya, makin pedas makanan, maka makin nikmat pula sesi makannya. Namun, bagi Moms yang sedang menyusui, mungkin Anda akan mempertimbangkan banyak hal sebelum makan makanan pedas di masa menyusui.

Di benak Anda mungkin timbul berbagai pertanyaan, seperti apakah boleh ibu menyusui makan makanan pedas? Apakah makanan pedas bisa berpengaruh pada ASI? Benarkah bayi bisa rewel dan sakit perut bila ibu menyusui makan makanan pedas? Segala pertanyaan dan kekhawatiran Moms akan M&B ulas jawabannya di sini!

Busui boleh kok, makan pedas

Moms mungkin berpikir berkali-kali saat akan mengonsumsi makanan pedas ketika menyusui, mengingat adanya kekhawatiran bahwa ini bisa memengaruhi ASI maupun bayi Anda. Namun nyatanya, Anda diperbolehkan makan makanan pedas saat menyusui.

Melansir laman BabyCenter, meski sebuah penelitian menunjukkan bahwa capsaicin (zat aktif pada cabai) dari makanan pedas bisa masuk ke dalam ASI, tapi jumlahnya sangat rendah, terlebih bila dimasak dengan panas yang secara drastis akan mengurangi konsentrasinya.

Selain itu, diketahui pula bahwa masih belum banyak bukti yang menunjukkan bila makanan tertentu, termasuk makanan pedas, bisa memengaruhi ASI dan bayi. Melansir laman Verywell Family, Ashley Georgakopoulos, seorang konsultan laktasi motif medical, mengatakan bahwa ketika ibu mengonsumsi makanan pedas saat menyusui, ini justru menjadi cara untuk mengenalkan bayi pada rasa yang berbeda dari ASI Anda.

Hal tersebut juga bisa membantu mengembangkan selera bayi sehingga Si Kecil akan lebih cenderung mencoba berbagai variasi rasa ketika ia mulai makan makanan padat.

Enggak bikin bayi sakit perut kok, Moms

Sebagian ibu mungkin khawatir akan kemungkinan bayi mengalami sakit perut karena terpapar ASI dari ibunya yang makan makanan pedas. Namun, Dimitar Marinov, MD, PhD, Asisten Profesor Kebersihan dan Epidemiologi di Medical University of Varna, Bulgaria, menegaskan, tidak ada bukti makan makanan pedas bisa menyebabkan bayi mengalami ketidaknyamanan atau menyebabkan sakit perut.

Marinov menambahkan, berdasarkan meta-analisis yang diterbitkan oleh Cochrane Database of Systematic Review, yang mengamati tentang gangguan pencernaan dan kolik pada bayi, tak banyak bukti yang memperlihatkan bahwa mengubah pola makan saat menyusui akan memengaruhi gejala kolik pada bayi.

Sementara itu, beberapa Moms mungkin berpikir bahwa makan makanan pedas saat menyusui bisa menyebabkan heartburn atau mulas, sehingga ini bisa membuat bayi mengalami gejala yang sama. Namun, hal ini tak ada kaitannya. Marinov mengatakan bahwa asam yang menyebabkan ibu merasakan rasa pedas tidak berarti bahwa ada asam dalam ASI-nya. Dengan demikian, para ibu menyusui bisa dengan aman mengonsumsi makanan pedas.

Hal ini juga dijelaskan oleh Susan Condon, konsultan laktasi dari BabyCenter. Condon menambahkan bahwa tidak masalah jika busui makan makanan pedas, selama hal tersebut tidak berdampak buruk buat Anda dan Si Kecil.

Apabila bayi ternyata terlalu sensitif dengan makanan pedas yang Anda konsumsi, biasanya ia akan memperlihatkan suatu reaksi, di antaranya Si Kecil akan jadi rewel, mengalami diare, sulit tidur, dan tampak tidak nyaman setelah menyusu.

Manfaat makan makanan pedas saat menyusui

Konsumsi makanan pedas tidak dilarang dan cenderung aman ketika menyusui. Terlebih diketahui bahwa makan makanan pedas saat menyusui ternyata punya banyak manfaat untuk bayi Anda, lho, seperti:

1. Bayi lebih lama menyusu

Beberapa bayi ternyata menyukai rasa yang kuat. Dan ketika Moms makan makanan dengan rasa yang kuat, termasuk makanan pedas, bayi Anda mungkin menyusu lebih lama. Sebuah studi tentang efek paparan ASI dengan rasa bawang putih pada kebiasaan menyusu menunjukkan bahwa ketika bayi terpapar bawang putih dalam ASI, ia cenderung tetap menyusu dan menyusu lebih lama.

2. Makan lebih banyak variasi makanan

Seperti yang dikatakan Georgakopoulos, makan makanan pedas dan makanan beraroma kuat lainnya bisa membuat bayi lebih baik dan berani untuk mencoba berbagai variasi makanan. Selain itu, hal ini juga bisa membantu mengembangkan selera makan Si Kecil nantinya.

3. Membuat ibu menyusui makan makanan yang lebih bervariasi

Moms mungkin berpikir untuk membatasi pola makan Anda dan tidak mengonsumsi makanan tertentu, termasuk makanan pedas, selama menyusui demi mencegah dampak yang tak diinginkan terjadi pada bayi Anda. Namun, melakukan hal tersebut justru bisa menyebabkan nutrisi Anda jadi tidak optimal.

Perlu diketahui, saat menyusui, Moms butuh kalori ekstra (450-500 kalori per hari). Nah, mengonsumsi berbagai makanan, termasuk makanan pedas, justru akan memberi Anda energi dan kekuatan untuk memberikan ASI dan merawat Si Kecil.

So, Moms, tak perlu khawatir lagi untuk makan makanan pedas saat Anda menyusui. Jika Moms masih menyimpan kekhawatiran bahwa sesuatu yang Anda makan selama menyusui bisa menyebabkan ketidaknyamanan atau masalah kesehatan lainnya pada bayi, ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: /Freepik)