Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ciri-ciri Hamil 6 Bulan yang Sehat, Moms Perlu Tahu

Ciri-ciri Hamil 6 Bulan yang Sehat, Moms Perlu Tahu

Selama masa kehamilan, Moms tentunya harus selalu menjaga kesehatan Anda dan janin dalam kandungan hingga waktunya persalinan. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, makin banyak pula perubahan yang terjadi, mulai dari perubahan fisik, mental, pola makan, hingga pola tidur.

Memasuki usia kehamilan 6 bulan, bumil perlu memastikan kondisi Anda dan janin tetap sehat. Nah, bagaimana ciri-ciri hamil 6 bulan yang sehat? Simak penjelasannya berikut ini, Moms!

Baca juga: 6 Ciri Ada Janin dalam Perut, Tanda Awal Kehamilan

1. Mengalami kenaikan berat badan

Salah satu perubahan fisik yang paling terlihat saat Moms memasuki usia kehamilan 6 bulan adalah perut yang membesar dan kenaikan berat badan. Selama hamil, berat badan Anda akan bertambah seiring tumbuh kembang janin. Kenaikan berat badan yang ideal adalah 1,3-1,8 kilogram.

Mengalami kenaikan berat badan yang ideal merupakan ciri-ciri hamil 6 bulan yang sehat. Namun, jika bumil mengalami kenaikan berat badan yang drastis, hal itu justru bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional.

2. Meningkatnya selera dan nafsu makan

Memasuki usia kehamilan 6 bulan, janin butuh lebih banyak nutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya yang sehat sesuai dengan usianya. Di saat inilah Moms akan mulai mengalami peningkatan selera dan nafsu makan serta ngidam.

Namun, meskipun selera dan nafsu makan meningkat, Anda tetap harus memastikan asupan makanan yang dikonsumsi penuh nutrisi dan gizi yang mengenyangkan dan menyehatkan. Imbangi juga dengan memperbanyak minum air putih, Moms.

3. Mengalami masalah pencernaan

Selain mengalami peningkatan selera dan nafsu makan, bumil mungkin juga akan mengalami beberapa masalah pencernaan seperti perut kembung dan konstipasi. Tak perlu khawatir, ini adalah hal yang wajar dan menunjukkan ciri-ciri hamil 6 bulan yang sehat.

Masalah pencernaan saat memasuki usia kehamilan 6 bulan disebabkan oleh perubahan hormonal yang membuat otot-otot di sekitar perut melemas dan membuat feses jadi lebih padat. Kondisi ini ditambah dengan tekanan pada rahim yang membesar, sehingga mendorong cairan lambung naik yang menyebabkan perut kembung.

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, kaya probiotik, serta cukup minum air putih bisa membantu meringankan masalah pencernaan yang dialami bumil. Namun, jika masalah pencernaan tidak kunjung membaik, Moms perlu segera berkonsultasi dengan dokter agar bisa diberikan solusi yang aman untuk bumil.

4. Kaki dan tangan mengalami pembengkakan

Saat hamil, tubuh Moms akan menahan cairan di dalam jaringan. Hal ini diperlukan untuk menutrisi Anda dan janin, ditambah dengan adanya peningkatan tekanan pada panggul.

Kondisi tersebut bisa memicu edema atau pembengkakan yang terjadi di kaki, mata kaki, tangan, serta terkadang di area wajah dan sekitar mata. Namun, pembengkakan tersebut cenderung normal dan merupakan gejala umum yang bisa dialami bumil.

Untuk mengurangi kondisi ini, Moms bisa meletakkan posisi kaki lebih tinggi daripada biasanya saat duduk, menghindari berdiri dalam waktu lama, dan tidak menggunakan pakaian ketat.

5. Susah tidur atau insomnia

Susah tidur atau insomnia merupakan hal yang umum dialami bumil. Masalah ini bisa disebabkan oleh adanya perubahan signifikan saat hamil, termasuk frekuensi buang air kecil yang meningkat, sering merasa lapar, perubahan hormon, gerakan janin, dan ketidaknyamanan saat tidur akibat perut yang makin besar.

Moms bisa mengatasi insomnia saat hamil dengan membatasi makan malam 2 jam sebelum waktu tidur, menghindari kafein, menikmati musik yang bisa membuat rileks, dan mengubah posisi tidur. Selain itu, mengatur suhu ruangan tetap nyaman juga bisa menjadi cara untuk mengatasi gangguan tidur yang dialami bumil.

6. Sakit punggung

Perut yang makin besar saat memasuki usia kehamilan 6 bulan akan memberikan lebih banyak tekanan pada area panggul dan perut bagian bawah. Itulah yang menjadi penyebab bumil mengalami sakit punggung. Untuk mengurangi sakit punggung yang dialami, Moms sebaiknya duduk dengan posisi tegak dengan sandaran yang empuk dan menghindari penggunaan high heels.

7. Merasakan pergerakan janin

Pergerakan janin yang mulai aktif di dalam perut juga bisa menjadi ciri-ciri hamil 6 bulan yang sehat. Moms akan mulai merasakan gerakan-gerakan berupa tendangan dari dalam rahim yang biasanya dirasakan di bagian perut atas dan tengah. Adanya pergerakan janin seperti ini tidak perlu dikhawatirkan, karena menandakan Si Kecil berkembang dengan baik dan menerima asupan makanan dan oksigen yang optimal.

Itulah 7 ciri hamil 6 bulan yang sehat yang Anda rasakan saat memasuki usia kehamilan 6 bulan. Sehat selalu sampai persalinan nanti ya, Moms! (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: Proostoleh/Freepik)