Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Tes Kehamilan Alami yang Bisa Dilakukan di Rumah

Tes Kehamilan Alami yang Bisa Dilakukan di Rumah

Mual, ngidam makanan tertentu, gampang merasa lelah, semua merupakan tanda-tanda kehamilan yang umum. Selain itu, indikator kehamilan umum lainnya adalah ketika seorang wanita mengalami telat menstruasi.

Meskipun demikian, untuk memastikan kehamilan, biasanya kita memilih untuk melakukan tes kehamilan, entah itu dengan memeriksakan langsung ke dokter atau dengan menggunakan alat tes kehamilan seperti test pack.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Melakukan Tes Kehamilan?

Namun, tahukah Moms, ada cara-cara alami yang juga bisa Anda gunakan untuk melakukan tes kehamilan di rumah? Memanfaatkan bahan-bahan di rumah berikut ini dipercaya bisa menjadi alternatif cara untuk menentukan kehamilan. Apa saja itu?

1. Garam

Garam merupakan salah satu bumbu dapur utama yang pastinya ada di setiap rumah. Penggunaan garam disinyalir bisa membantu menentukan kehamilan. Moms bisa siapkan gelas bersih berisi sampel urine yang Anda ambil di pagi hari, kemudian tambahkan satu atau dua jumput garam, lalu campurkan dan tunggu hingga 3 menit.

Jika Anda melihat gumpalan putih krem terbentuk dari rekasi campuran urine dan garam tadi, Anda dinyatakan positif hamil. Sebaliknya, jika tidak ada reaksi dari campuran tersebut, ini pertanda negatif.

2. Gula

Selain garam, gula juga selalu ada di dapur. Pemanfaatan gula untuk melakukan tes kehamilan sangatlah mudah. Moms bisa ambil sampel urine setelah Anda bangun tidur, lalu campurkan dengan satu sendok makan gula.

Moms bisa menentukan kehamilan dengan melihat reaksi dari campuran urine dan gula tersebut. Untuk diketahui, hCG (hormon yang diproduksi saat hamil) dalam urine seharusnya tidak memungkinkan gula larut. Maka bila gula cepat larut, berarti Anda tidak hamil. Sementara bila timbul reaksi menggumpal, maka hasilnya Anda positif hamil.

3. Baking soda

Baking soda biasanya dipakai sebagai bahan untuk membuat roti dan kue. Namun, Moms juga bisa memanfaatkannya untuk tes kehamilan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencampurkan baking soda dan urine dalam jumlah yang sama. Amati reaksinya. Jika Anda melihat ada gelembung (mirip ketika membuka botol soda), ini mungkin menunjukkan hasil positif. Sebaliknya, bila tidak ada buih yang terlihat, ini merupakan indikasi bahwa Anda tidak hamil.

4. Cuka

Tak hanya dimanfaatkan sebagai penambah rasa, cuka juga bisa Anda gunakan untuk tes kehamilan. Moms bisa siapkan secangkir cuka putih lalu dicampur dengan setengah cangkir sampel urine Anda di pagi hari.

Perlu diketahui, hormon hCG dalam urine akan menunjukkan perubahan warna bila dicampur dengan cuka. Maka, bila Anda melihat perubahan warna dari campuran tersebut, kemungkinan besar Anda hamil.

5. Sabun mandi

Segala jenis sabun mandi yang ada di rumah bisa Moms manfaatkan untuk melakukan tes kehamilan. Anda hanya perlu menyiapkan sepotong kecil sabun dan campurkan dengan dua sendok makan sampel urine. Bila campuran tersebut berbusa, maka ini menunjukkan Anda positif hamil.

6. Sampo

Produk perawatan rambut seperti sampo juga bisa Anda manfaatkan untuk menentukan kehamilan. Siapkan sampel urine Anda di sebuah wadah. Lalu pada wadah lainnya, siapkan air dan sampo yang dicampurkan hingga membentuk campuran sabun. Campurkan semuanya, kemudian lihat reaksi yang muncul. Bila timbul busa, maka hasilnya berarti Anda positif hamil.

7. Pasta gigi

Untuk melakukan tes kehamilan menggunakan pasta gigi, pastikan Moms memilih pasta gigi berwarna putih. Anda bisa menyiapkan dua sendok makan pasta gigi lalu mencampurkannya dengan sampel urine.

Untuk diketahui, bahan-bahan dalam pasta gigi dipercaya bisa berubah warna jika terpapar hCG. Maka, jika Anda melihat perubahan warna dan tekstur berbusa pada campuran tersebut, Anda dinyatakan hamil.

8. Pemutih

Bahan rumah tangga lainnya yang bisa digunakan untuk tes kehamilan adalah pemutih. Cara ini bisa dilakukan dengan menyiapkan setengah cangkir urine dalam wadah kecil, lalu tambahkan setengah cangkir pemutih ke dalamnya. Kemudian tunggu selama 3-5 menit. Bila berbusa, ini berarti hasilnya positif.

Tertarik untuk melakukan tes kehamilan dengan cara alami di atas Moms? Sebelumnya perlu diingat bahwa belum banyak studi yang mendukung keakuratan hasil dari metode tes kehamilan dengan menggunakan bahan-bahan di atas. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, Anda sebaiknya memeriksakan diri langsung ke dokter. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)