Type Keyword(s) to Search
TODDLER

7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Anak Demam

7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Anak Demam

Moms, demam yang dialami Si Kecil tentunya sering bikin Anda khawatir dan mencari berbagai cara agar demamnya cepat turun. Faktanya, demam sendiri bukanlah penyakit. Mengutip Alodokter, demam merupakan mekanisme alami tubuh dalam melawan infeksi. Munculnya demam pada anak menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh Si Kecil sedang bekerja untuk melawan infeksi.

Sayangnya, kebanyakan orang tua kerap melakukan kesalahan dalam menangani anak demam. Akibatnya perawatan yang diberikan justru membuat kondisi Si Kecil tak kunjung membaik. Karena itu, Moms perlu tahu apa saja hal yang tidak boleh dilakukan saat anak demam berikut ini.

1. Mengompres dengan air dingin

Ketika anak mengalami demam, sering kali orang tua merespons dengan cara mengompres tubuh Si Kecil dengan air dingin untuk menurunkan suhu tubuhnya. Namun, ini tidak tepat.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), mengompres anak yang demam dengan air dingin tidak direkomendasikan. Kompres dengan air dingin justru akan meningkatkan pusat pengatur suhu di otak anak yang menyebabkan badannya jadi menggigil dan suhu tubuhnya justru makin naik. Jika ingin mengompres, Moms bisa gunakan air hangat.

2. Mengompres anak seharian

Mengompres anak dengan air hangat memang efektif membantu menurunkan demam dan membuatnya nyaman, tapi bukan berarti kompres harus dibiarkan menempel seharian. Cukup taruh kompres di dahi, leher, ketiak, dan area selangkangan selama 10-15 menit. Cara ini membantu mengeluarkan panas lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan.

Jangan biarkan kompres hangat menempel di tubuh anak seharian, karena kompres tersebut sudah dingin ketika dibiarkan lebih dari 15 menit. Dan kompres yang dingin justru akan bisa membuat anak jadi menggigil, Moms.

3. Mandi dengan air dingin

Saat demam, anak tetap boleh dimandikan, tapi gunakan air hangat (tidak terlalu panas), bukan air dingin ya, Moms. Sama seperti kompres, mandi dengan air dingin bisa membuat anak menggigil dan suhu tubuhnya meningkat. Moms juga sebaiknya tidak membiarkan anak mandi dalam waktu lama, karena bisa membuatnya menggigil. Cukup seka tubuhnya dengan air hangat.

Baca juga: Bolehkah Bayi yang Sedang Demam Dimandikan?

4. Langsung memberikan obat

Biasanya hal pertama yang dilakukan orang tua saat tahu anaknya demam adalah memberikan obat. Tidak salah memang, tapi sangat penting untuk berhati-hati dan berpikir sebelum memberikan obat kepada anak. Moms perlu memperhatikan informasi yang tertera pada label obat.

Pastikan untuk memberikan dosis obat demam sesuai dengan usia anak. Moms juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan dosis yang tepat.

5. Menyelimuti anak atau memakaikannya pakaian tebal

Sebagian orang tua mungkin akan menyelimuti anak atau memakaikan Si Kecil pakaian tebal agar berkeringat dan demam turun. Padahal, menyelimuti anak atau memakaikannya pakaian tebal bisa membuatnya kegerahan dan tak nyaman. Sebaiknya, pakaikan anak pakaian yang ringan dan nyaman serta taruh di ruangan dengan suhu sejuk dan sirkulasi udara yang baik.

6. Memaksa anak makan banyak

“Makan yang banyak biar cepat sembuh,” biasanya itu yang dikatakan orang tua saat anak sakit atau demam. Sama seperti orang dewasa, saat demam, nafsu makan anak juga berkurang. Jangan paksa Si Kecil makan banyak, karena hanya akan membuatnya mual dan muntah. Dalam kondisi seperti ini, Moms bisa berikan Si Kecil makanan bertekstur lembut atau berkuah, agar ia lebih mudah memakannya.

7. Tidak memenuhi asupan cairan

Ketika anak demam, cairan tubuh akan berkurang. Ini bisa menyebabkannya dehidrasi. Alih-alih memaksa anak makan banyak, lebih baik Moms penuhi kebutuhan cairannya. Anda bisa berikan air putih, ASI (jika Si Kecil masih menyusu), jus buah, maupun sup ayam. Moms juga bisa berikan larutan rehidrasi oral atau oralit, tapi untuk dosisnya Anda bisa konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Itulah 7 hal yang tak boleh dilakukan saat anak demam. Dan segera hubungi dokter jika Si Kecil mengalami demam yang tak kunjung turun ya, Moms! (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Zilvergolf/Freepik)