Type Keyword(s) to Search
TODDLER

M&B Mom's Day Out bersama Siloam Hospitals TB Simatupang: Solusi Sehat di Tengah Polusi

M&B Mom's Day Out bersama Siloam Hospitals TB Simatupang: Solusi Sehat di Tengah Polusi

Kesehatan anak merupakan harta berharga yang harus dijaga dengan sangat baik. Namun, mengingat saat ini polusi udara makin buruk, Moms pasti khawatir dengan kesehatan Si Kecil.

Mengutip laman IQAir, kualitas udara di Jakarta bisa mencapai 136 AQI US dengan partikel halus sebesar PM 2,5. Angka tersebut sudah sangat mengkhawatirkan untuk beberapa kelompok sensitif, termasuk anak-anak.

Menyadari akan pentingnya isu tersebut, M&B menggelar Mom's Day Out bersama Siloam Hospitals TB Simatupang. Selain bisa bertemu dengan sesama moms, Mom's Day Out kali ini juga bertujuan memberikan edukasi sekaligus mewadahi para Moms yang ingin bertanya langsung ke dokter mengenai polusi. Acara yang diadakan pada 26 September 2023 di Siloam Hospitals TB Simatupang ini mengangkat tema Solusi Sehat di Tengah Polusi.

Mom's Day Out dipandu oleh Novita Angie (Editor in Chief Mother & Beyond), dibuka oleh dr. Dewi Anggraini (CEO Siloam Hospital TB Simatupang), dan dijelaskan oleh dr. Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A, Dokter Spesialis Anak Siloam Hospitals TB Simatupang yang menjadi narasumber talkshow. Seperti apa keseruannya? Read on, Moms.

Penyebab polusi udara dan dampaknya pada kesehatan

Polusi udara adalah pencemaran lingkungan di dalam atau di luar ruangan oleh bahan kimia, fisik, atau biologis apa pun yang mengubah karakteristik alami atmosfer. Menurut dr. Martinus, banyak sekali faktor utama yang bisa menyebabkan polusi udara, tidak hanya berasal dari luar ruangan, tapi juga berasal dari dalam ruangan.

Beberapa faktor penyebab polusi udara yang berasal dari luar ruangan adalah pembakaran sampah, knalpot kendaraan, pembuangan limbah, asap rokok, dan proses pembangunan, sementara yang berasal dari dalam rumah adalah proses memasak dan pemakaian air humidifier. Asap yang ada ketika memasak dan pemakaian air humidifier termasuk salah satu polusi udara yang ada di rumah.

Polusi udara tidak hanya memiliki potensi kerusakan pada lingkungan, tapi juga mengganggu kesehatan. Setiap orang berisiko terpapar dampak negatif dari polusi, terutama anak-anak.

Dampak kesehatan yang paling sering dialami anak adalah gangguan saluran pernapasan. Polusi udara bisa menyebabkan iritasi pada saluran napas, apalagi jika Si Kecil memang memiliki riwayat alergi. Jika terus terjadi, ini bisa mengganggu tubuh kembangnya.

Lebih parahnya lagi, polusi udara bisa mengakibatkan anak terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Selain itu polutan juga akan memengaruhi sistem hormonal anak, dan secara akumulatif, polusi bisa merusak sistem otaknya.

Melindungi anak dari polusi udara

Untuk melindungi anak dari dampak polusi udara, dr. Martinus memberikan beberapa tips yang bisa Moms lakukan, yakni memastikan anak berada di lingkungan yang tidak terlalu berpolusi, menggunakan masker, dan menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit.

“Kalau untuk anak-anak, nomor satu pastikan berada di lingkungan yang tidak terpolusi. Caranya, mungkin bisa menggunakan aplikasi untuk mengecek kadar polusi di sekitar. Nomor dua gunakan masker selama berada di tempat yang polusinya cukup tinggi, jauhkan anak dari bakaran sampah ataupun asap rokok. Kemudian pastikan menjaga daya tahan tubuh anak,” jelas dr. Martinus.

Untuk menjaga daya tahan tubuh anak, dr. Martinus menyarankan pemberian vaksin flu pada Si Kecil. Vaksin flu sendiri berfungsi untuk mengurangi efek polusi, seperti mencegah batuk, pilek, dan radang paru yang disebabkan oleh virus flu.

Terakhir, dr. Martinus memberikan tips untuk mengurangi polusi udara di rumah dengan menggunakan air purifier. Pilihlah air purifier yang memiliki indikator polusi dan hepafilter. Pastikan juga Moms selalu mengecek dan mengganti filter air purifier secara rutin.

Banyak hadiah dan ada medical check up

MB Mom's Day Out selalu memberikan edukasi dan manfaat untuk pesertanya. Di Mom's Day Out kali ini, para Moms yang hadir bisa melakukan medical check up yang telah disediakan oleh Siloam Hospitals TB Simatupang. Di sini Moms bisa mengecek kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat. Moms juga bisa mengecek tekanan darah dan konsultasi dengan dokter yang ada.

Enggak cuma mendapatkan edukasi dan manfaat, Mom's Day Out kali ini juga berlimpah hadiah seru. Buat 3 penanya terbaik dan 2 pemenang best post di Instagram berhak memperoleh voucher gratis treatment facial aquapure di Dermatologue Siloam Hospitals TB Simatupang.

Selain itu, untuk membantu Moms melindungi Si Kecil agar tetap sehat di tengah polusi, Siloam Hospitals TB Simatupang juga memberikan voucher diskon vaksin influenza untuk semua peserta yang hadir.

Eits, enggak berhenti di situ aja, Moms. Seluruh peserta juga berhak mendapatkan goodie bag dari Siloam Hospitals TB Simatupang, lho! Dan setelah seluruh rangkaian acara selesai, mereka bisa menikmati hidangan yang telah disediakan oleh Siloam Hospitals TB Simatupang dan 4Fingers Crispy Chicken.

Seru banget kan, acaranya? Terima kasih untuk Moms yang sudah hadir, dan nantikan keseruan lainnya di M&B Mom’s Day Out selanjutnya, Moms! (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Dok. M&B/Gustama Pandu)