Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

10 Ciri Hamil 1 Minggu yang Perlu Diketahui Calon Ibu

10 Ciri Hamil 1 Minggu yang Perlu Diketahui Calon Ibu

Saat hamil, tubuh wanita mengalami banyak perubahan, baik secara fisik maupun emosional. Perubahan yang paling umum yakni perubahan pada payudara, mudah lelah, perubahan suasana hati, mual disertai muntah, hingga terjadinya flek atau perdarahan ringan.

Semua perubahan tersebut bisa terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh selama kehamilan serta adanya proses implantasi sel telur yang telah dibuahi ke dalam rahim. Selengkapnya, berikut ini ciri-ciri hamil 1 minggu yang perlu Anda, calon ibu, ketahui.

1. Mengalami perubahan pada payudara

Di awal kehamilan, Anda mungkin akan mengalami perubahan di area payudara seperti payudara jadi lebih sensitif, bengkak, nyeri, terlihat lebih besar dari biasanya, bahkan muncul garis pembuluh vena berwarna biru. Kondisi ini disebabkan oleh banyaknya hormon estrogen dan progesteron di awal kehamilan yang kemudian membuat payudara mulai tumbuh.

2. Timbul kram perut dan flek

Saat sel telur berhasil dibuahi dan mulai berkembang, organ janin akan mulai terbentuk dan terjadi proses implantasi di dinding rahim. Dalam prosesnya, implantasi bisa menyebabkan timbulnya kram perut dan keluarnya darah berwarna merah dari vagina, atau disebut dengan perdarahan ringan atau flek.

Meskipun ciri satu ini hampir mirip dengan kram perut karena menstruasi, kram perut karena kehamilan umumnya lebih ringan dan durasinya singkat, sementara kram perut karena menstruasi umumnya lebih berat dan durasinya lebih lama.

Munculnya flek atau bercak darah karena kehamilan umumnya terjadi di luar siklus menstruasi dan bisa berlangsung lebih singkat, hanya beberapa jam atau paling lama 3 hari. Warnanya juga cenderung merah muda atau kecokelatan.

3. Perut terasa kembung

Perut terasa kembung merupakan ciri-ciri hamil 1 minggu berikutnya. Ini terjadi karena adanya fluktuasi hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh yang menyebabkan pergerakan usus melambat dan berdampak pada produksi gas. Itulah yang akhirnya memicu perut kembung dan sembelit, hingga kehilangan nafsu makan.

Perut kembung karena kehamilan cukup berbeda dengan perut kembung biasa. Perut kembung karena kehamilan biasanya terasa di perut bagian bawah yang juga disertai dengan rasa tidak nyaman, terasa penuh, dan terasa kencang.

4. Mengalami mual dan muntah

Mual dan muntah atau lebih dikenal sebagai morning sickness merupakan ciri-ciri hamil 1 minggu yang paling umum dialami calon ibu di awal kehamilan. Mual dan muntah di awal kehamilan bisa terjadi karena tubuh masih menganggap janin sebagai benda asing yang ada di dalam rahim. Sehingga sebagai bentuk perlindungan diri, Moms akan mengalami mual dan muntah.

5. Sering buang air kecil

Saat hamil muda, frekuensi buang air kecil (BAK) Anda juga mungkin akan meningkat, karena jumlah darah dalam tubuh ikut bertambah. Namun, peningkatan frekuensi BAK ini wajar terjadi di awal kehamilan. Tetap konsumsi banyak air putih agar Anda tidak dehidrasi serta kurangi konsumsi garam dan kafein yang bisa meningkatkan frekuensi BAK Anda. 

6. Sakit di pinggang bagian bawah

Melansir laman Healthline, mengalami rasa sakit di pinggang bagian bawah termasuk ciri-ciri hamil 1 minggu. Biasanya, rasa sakit ini disertai dengan kram perut. Di sisi lain, sakit pinggang juga bisa muncul karena adanya penambahan berat badan dan perubahan postur tubuh Moms selama masa kehamilan.

7. Perubahan emosi secara mendadak

Saat hamil muda, Moms juga rentan mengalami perubahan emosi, seperti jadi lebih mudah marah, tiba-tiba merasa sedih atau senang, dan gampang mengkhawatirkan sesuatu tanpa sebab. Perubahan ini terjadi secara mendadak karena adanya fluktuasi hormon di dalam tubuh.

8. Penurunan nafsu makan

Kehamilan membuat kadar progesteron dalam tubuh meningkat secara signifikan. Kadar progesteron yang tinggi bisa membuat tubuh Anda terasa tidak nyaman, termasuk di area pencernaan. Selain itu, hormon kehamilan seperti estrogen dan hCG juga bisa meningkatkan sensitivitas terhadap bau. Kedua hal inilah yang bisa menyebabkan Moms mengalami penurunan nafsu makan.

9. Timbul jerawat di wajah

Kehamilan juga bisa memengaruhi kesehatan kulit wajah Anda, Moms. Perubahan hormon yang terjadi di awal kehamilan bisa membuat wajah terlihat kusam, berminyak, hingga timbul jerawat. Namun, ciri yang satu ini belum tentu dialami semua orang, ya, karena bisa saja sebagian dari Anda punya kulit yang bersih dan sehat selama masa kehamilan.

10. Tubuh mudah lelah dan lemas

Satu lagi ciri-ciri hamil 1 minggu yang mungkin Anda alami, yakni mudah lelah dan lemas, terutama di 12 minggu pertama kehamilan. Kondisi ini terjadi karena adanya fluktuasi hormon progesteron yang bisa memengaruhi sistem metabolisme tubuh Anda, membuat Anda mudah lelah dan lemas.

Selain itu, untuk mendukung pertumbuhan janin di dalam rahim, tubuh mulai membuat plasenta dan darah tambahan. Semua itu butuh energi yang besar, yang mungkin jadi salah satu alasan Anda mudah lelah dan ingin lebih banyak tidur. Cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin di awal kehamilan.

Itulah 10 ciri hamil 1 minggu yang perlu calon ibu ketahui. Beberapa ciri tersebut mungkin tampak serupa dengan tanda menstruasi. Untuk itu, Anda disarankan melakukan pengecekan menggunakan test pack di rumah atau konsultasi kehamilan ke dokter kandungan untuk pemeriksaan yang lebih akurat. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Gustavo Fring/Pexels)