Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tak Hanya Melembapkan, Ini Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Tak Hanya Melembapkan, Ini Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang kaya nutrisi serta mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, dan E, yang dikenal sebagai antioksidan yang kuat. Seluruh nutrisi ini punya manfaat signifikan untuk kesehatan tubuh, khususnya dalam konteks perawatan kecantikan kulit wajah.

Salah satu manfaat lidah buaya yang paling umum diketahui adalah untuk melembapkan kulit. Lidah buaya punya kandungan air sebanyak 98% yang memiliki kemampuan dalam menenangkan dan melembapkan kulit. Kemampuan ini membuatnya mudah meresap ke dalam kulit, menjadikannya sebagai pelembap alami yang efektif.

Namun, selain melembapkan kulit, lidah buaya juga punya khasiat untuk wajah, lho. Berikut ini manfaat lidah buaya untuk wajah yang perlu Anda tahu, Moms.

1. Pelindung alami dari sinar matahari

Meskipun bukan sebagai pengganti sunscreen, lidah buaya bisa digunakan sebagai pelindung alami dari sinar matahari. Gelnya membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV berbahaya, sehingga tanaman ini secara tidak langsung mampu melindungi kulit dari risiko kanker kulit dan penyebab utama penuaan kulit.

2. Mengurangi penuaan dini 

Seperti sudah disebutkan, lidah buaya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, salah satu penyebab penuaan kulit. Ini karena lidah buaya kaya antioksidan, sehingga bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Tanaman ini akan membantu menjaga kulit tetap segar serta mencegah munculnya garis halus dan keriput di wajah.

Selain itu, lidah buaya mengandung beta karoten, vitamin C, dan vitamin E yang melimpah dan ini bisa membantu merapatkan kulit serta menjaga kelembapannya. Tanaman ini juga memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen, yang membantu menghindari timbulnya kerutan dan garis-garis halus. Penggunaan gel aloe vera bisa meningkatkan elastisitas kulit dan menjaga kulit tetap muda dan sehat.

3. Mengurangi peradangan kulit 

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang sangat tinggi. Hal ini bisa membantu meredakan peradangan pada wajah, termasuk kemerahan dan bengkak akibat jerawat. Penggunaan rutin lidah buaya akan membantu proses penyembuhan kulit yang meradang.

4. Penyembuh luka alami 

Lidah buaya dikenal karena kemampuannya dalam mempercepat penyembuhan luka alami. Dalam hal ini, lidah buaya berkhasiat untuk mengatasi bekas luka kecil, luka bakar matahari, dan luka sayatan.

5. Menenangkan kulit setelah bercukur

Lidah buaya juga sering kali diaplikasikan untuk merawat kulit setelah proses bercukur. Kemampuannya dalam meredakan dan menenangkan kulit membuatnya menjadi pelembap yang efektif, membantu regenerasi kulit, dan memberikan efek pendinginan. Menggunakan aloe vera setelah bercukur bisa mencegah terjadinya kulit kering dan iritasi.

6. Mengatasi kulit belang 

Di dalam lidah buaya terdapat zat aloesin yang memiliki peran dalam menghambat produksi melanin yang bertanggung jawab atas penampilan kulit yang gelap. Karena itu, lidah buaya bisa digunakan untuk membantu memperbarui kulit, meratakan warna kulit, dan mengatasi masalah kulit belang. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Jcomp/Freepik)