Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

4 Ciri Flek saat Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui

4 Ciri Flek saat Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui

Memasuki awal kehamilan, Anda mungkin mendapati adanya flek atau bercak darah yang keluar dari vagina. Dilansir dari American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG), flek merupakan suatu perdarahan ringan yang keluar dari vagina, yang menjadi tanda bahwa sel telur yang dibuahi oleh sperma sudah melekat di dinding rahim. Flek atau bercak darah di awal kehamilan bisa disebabkan oleh adanya perubahan hormon.

Baca juga: Keluar Flek saat Hamil Muda, Ini Penyebabnya

Jika mengalaminya, Anda tak perlu khawatir, Moms. Pasalnya flek atau bercak darah yang muncul saat hamil muda biasanya berjumlah sedikit dan tidak berlangsung lama. Berikut ini 4 ciri flek saat hamil muda yang perlu Anda ketahui. Simak!

1. Berdurasi singkat dengan warna merah muda atau kecokelatan

Keluarnya flek atau bercak darah karena kehamilan terkadang sering disalahartikan sebagai tanda menstruasi. Namun, flek atau bercak darah karena kehamilan biasanya terjadi di luar siklus menstruasi dan berlangsung lebih singkat, hanya dalam beberapa jam hingga paling lama beberapa hari. Selain itu, darah yang keluar juga hanya berupa sedikit bercak darah dengan warna cenderung merah muda atau kecokelatan.

2. Muncul pada 2-7 hari sebelum tanggal haid

Flek saat hamil muda biasanya muncul pada 5-12 hari setelah pembuahan atau 2-7 hari sebelum hari pertama menstruasi. Meskipun begitu, kondisi ini tentunya bisa berbeda-beda pada setiap orang, karena seperti diketahui, siklus menstruasi setiap perempuan tidaklah sama, sehingga menyebabkan munculnya flek atau bercak darah karena kehamilan bisa lebih cepat atau bahkan lebih lambat.

Baca juga: Waspadai 7 Penyebab Keluar Flek Darah saat Hamil Muda

3. Disertai dengan kram atau nyeri di perut

Flek saat hamil muda juga biasanya disertai dengan kram atau nyeri di perut bagian bawah. Namun, Moms tak perlu khawatir, karena flek yang disertai dengan kram perut di awal kehamilan ini diyakini terjadi karena embrio sudah mulai menempel di dinding rahim, adanya perubahan hormon, dan adanya pengencangan rahim yang disebabkan oleh pertumbuhan janin di dalam kandungan. Meskipun begitu, satu hal yang perlu diwaspadai adalah ketika keluarnya flek atau bercak darah (terkadang perdarahan yang cukup banyak) disertai dengan nyeri tak tertahankan, karena ini bisa jadi tanda adanya masalah serius pada kehamilan.

4. Flek muncul disertai dengan tanda kehamilan lainnya

Selain sering disertai dengan kram atau nyeri pada perut, keluarnya flek atau bercak darah di awal kehamilan juga bisa disertai dengan tanda kehamilan lainnya, antara lain: 

  • Tubuh jadi mudah lelah
  • Merasa mual dan muntah
  • Mengalami sakit kepala
  • Suhu basal tubuh meningkat
  • Perut terasa kembung
  • Mengalami sensitivitas indra penciuman
  • Payudara jadi lebih sensitif
  • Frekuensi buang air kecil meningkat
  • Mengalami perubahan suasana hati akibat adanya fluktuasi hormon.

Itulah ciri-ciri flek tanda awal kehamilan yang perlu Anda ketahui. Namun, jika Anda masih merasa ragu, tak ada salahnya untuk melakukan konsultasi ke dokter ya, Moms! (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Proostoleh/Freepik)