Type Keyword(s) to Search
BABY

7 Penyebab Pertumbuhan Gigi Bayi Tidak Normal

7 Penyebab Pertumbuhan Gigi Bayi Tidak Normal

Proses tumbuh gigi pada bayi tentu merupakan satu momen yang ditunggu-tunggu Anda ya, Moms. Menurut American Academy of Pediatric Dentistry, gigi bayi akan mulai tumbuh dari usia 6 bulan hingga lengkap di usia 3 tahun.

Proses pertumbuhan gigi bayi ini diawali dengan munculnya gigi susu yang keluar dari gusi. Lalu seiring dengan bertambahnya usia, gigi yang tumbuh akan makin lengkap dan kuat.

Namun, dalam prosesnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan pertumbuhan gigi bayi menjadi terhambat alias tidak normal, Moms. Penyebabnya mulai dari faktor genetik, cedera, hingga kurangnya asupan nutrisi.

Nah, berikut ini beberapa penyebab pertumbuhan gigi bayi tidak normal yang perlu Moms ketahui.

Baca juga: 8 Obat Alami untuk Atasi Demam saat Bayi Tumbuh Gigi

1. Ukuran rahang yang kecil

Ukuran rahang ternyata bisa menjadi salah satu penyebab pertumbuhan gigi bayi tidak normal. Rahang yang terlalu kecil atau sempit membuat susunan gigi yang tumbuh jadi lebih padat. Akibatnya, gigi bayi akan saling berjejal yang berisiko menyebabkan pertumbuhan gigi jadi tidak rata.

2. Adanya masalah pada gusi

Masalah pada gusi juga bisa menjadi penyebab pertumbuhan gigi bayi tidak normal lainnya. Salah satu masalah gusi yang paling umum dialami bayi adalah Epstein pearl. Ini merupakan suatu benjolan kista yang terbentuk di mulut bayi, biasanya berwarna putih atau kuning dengan ukuran 1-3 mm.

3. Faktor genetik

Selanjutnya, ada faktor genetik yang bisa memengaruhi proses pertumbuhan gigi bayi. Contohnya, jika salah satu atau kedua orang tua memiliki gigi yang tidak rata, maka anak juga berisiko mengalami hal yang sama. Ini bisa menyebabkan pertumbuhan gigi bayi jadi tidak normal, bisa mengalami pertumbuhan gigi maju atau mundur.

4. Punya kebiasaan buruk

Beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan bayi misalnya saja terlalu sering mengisap jempol, terlalu sering menggunakan dot, atau menjulurkan lidah saat bernapas, semuanya bisa menjadi penyebab pertumbuhan gigi bayi tidak normal. Jika terus dibiarkan, kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut nantinya bisa menyebabkan gigi Si Kecil tumbuh tidak rata, lebih maju ke depan, atau bahkan gigi jadi berjarak.

5. Mengalami cedera

Apakah Si Kecil pernah mengalami cedera di area wajah? Jika ya, hal itu juga bisa menjadi penyebab pertumbuhan gigi bayi tidak normal. Perlu diketahui, cedera bisa membuat struktur gusi rusak, yang mengakibatkan pertumbuhan gigi bayi nantinya jadi tidak optimal, Moms.

6. Kehilangan gigi terlalu dini

Penyebab lain pertumbuhan gigi bayi tidak normal adalah Si Kecil kehilangan gigi terlalu dini. Gigi yang lepas atau tanggal akan menyisakan ruang kosong di rongga mulut, sehingga gigi di sebelahnya akan bergerak ke daerah yang kosong tersebut. Jika dibiarkan terus-menerus, nantinya gigi lain yang akan tumbuh tidak memiliki ruang, sehingga proses tumbuhnya justru menjadi tidak rata atau ke arah samping.

7. Kekurangan asupan nutrisi

Kurangnya asupan nutrisi juga bisa menjadi penyebab pertumbuhan gigi bayi tidak normal. Asupan nutrisi yang baik merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung pertumbuhan gigi bayi. Jika asupan nutrisi tidak terpenuhi, bisa dipastikan Si Kecil akan mengalami pertumbuhan gigi tidak normal. Jadi, mulai sekarang, pastikan Si Kecil mendapatkan asupan nutrisi lengkap dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi, seperti telur, susu, ikan, dan daging ya, Moms.

Itulah beberapa penyebab pertumbuhan gigi bayi tidak normal. Selain 7 hal tersebut, tidak menjaga kesehatan dan kebersihan gigi sejak dini bisa menambah faktor penyebab pertumbuhan gigi bayi tidak normal dan meningkatkan risiko kerusakan gigi Si Kecil. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Rawpixel.com/Freepik)