Type Keyword(s) to Search
BABY

8 Obat Alami untuk Atasi Demam saat Bayi Tumbuh Gigi

8 Obat Alami untuk Atasi Demam saat Bayi Tumbuh Gigi

Saat sedang tumbuh gigi, bayi jadi lebih susah makan, rewel, dan demam, yang sering kali bikin Moms panik dan sedikit frustrasi menghadapinya. Melansir dari American Academy of Pediatrics (AAP), demam atau peningkatan suhu tubuh saat bayi tumbuh gigi adalah hal yang wajar. Ini terjadi karena gigi yang tumbuh memotong jaringan gusi serta menyebabkan peradangan dan demam.

Namun, tak perlu panik Moms, karena Anda bisa mencoba beberapa obat alami untuk mengatasi demam pada bayi saat tumbuh gigi. Bahkan, beberapa bahan alami tersebut mudah Anda dapatkan (atau mungkin tersedia di dapur). Berikut ini beberapa obat alami untuk mengatasi demam saat bayi tumbuh gigi.

1. Kompres air hangat

Jika bayi mengalami demam saat tumbuh gigi, Moms bisa berikan kompres air hangat sebagai pertolongan pertama. Caranya cukup mudah, gunakan kain lembut yang sudah direndam dalam air hangat, kemudian peras, lalu letakkan kain tersebut di kening atau ketiak Si Kecil selama kurang lebih 10 menit. Ulangi kompres air hangat, hingga demam pada bayi mereda.

2. Air jahe

Menurut Dinas Kesehatan Republik Indonesia, obat alami untuk mengatasi demam anak adalah dengan memberikan minuman jahe. Jahe berkhasiat menurunkan demam karena memiliki sifat antibakteri dan antiperadangan. Untuk membuat minuman jahe buat menurunkan demam Si Kecil, geprek atau iris halus jahe, lalu rebus dengan air. Jangan lupa tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis, agar rasanya lebih disukai Si Kecil.

3. Teh chamomile

Teh chamomile juga bisa jadi obat alami untuk mengatasi demam saat bayi tumbuh gigi. Hal ini berkat kandungan antiinflamasi di dalamnya yang berkhasiat untuk menurunkan demam, sekaligus meringankan nyeri gigi pada bayi. Cara membuat teh chamomile sangatlah mudah dan sederhana, cukup seduh teh chamomile dengan air panas, biarkan dingin sebentar, lalu berikan pada Si Kecil.

4. Air serai

Selain punya aroma yang khas untuk memperkaya rasa masakan, serai atau sereh juga bisa digunakan untuk mengatasi demam pada anak yang sedang tumbuh gigi. Ini karena serai punya sifat antipiretik yang bisa menurunkan suhu tubuh dengan cara merangsang keluarnya keringat. Moms cukup merebus daun serai segar selama beberapa menit, kemudian saring dan berikan kepada Si Kecil selagi hangat.

5. Berikan ASI yang cukup

Saat bayi mengalami demam, Moms bisa berikan ASI yang cukup pada Si Kecil. Bukan tanpa alasan, ASI berfungsi sebagai cairan untuk mencegah terjadinya dehidrasi sekaligus membantu menurunkan demam pada Si Kecil. Jika bayi Anda rewel dan tidak mau minum ASI secara langsung, cukup berikan dalam porsi sedikit tapi sering ya, Moms.

6. Sup kaldu hangat

Untuk membantu menurunkan suhu tubuhnya, Moms bisa berikan sup kaldu hangat kepada Si Kecil. Sup kaldu mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh Si Kecil untuk meningkatkan imunitas selama proses tumbuh gigi berlangsung dan menurunkan demamnya.

7. Buah-buahan

Ketika bayi Anda sedang demam karena tumbuh gigi, Moms bisa berikan buah-buahan tinggi kandungan air sebagai obat alami untuk mengatasi demam akibat tumbuh gigi. Buah-buahan tertentu bisa membantu menurunkan demam, serta memastikan tubuh Si Kecil tetap terhidrasi dengan baik. Beberapa buah-buahan dengan kandungan air tinggi adalah jeruk, semangka, jambu, anggur, pisang, kiwi, mangga, dan berries.

8. Air kelapa

Air kelapa sudah sejak lama dikenal berkhasiat untuk menurunkan demam. Menurut Journal of Molecules, air kelapa mengandung sejumlah mikronutiren seperti ion organik dan vitamin. Semua kandungan tersebut bisa mengoptimalkan sistem antioksidan dalam tubuh anak. Sehingga sistem imunnya meningkat dan suhu tubuh pun bisa kembali normal.

Selain menggunakan obat alami di atas, Moms juga perlu memastikan Si Kecil mendapat istirahat dan tidur yang cukup, ya! (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Cookie_Studio/Freepik)