Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Sekolah Internasional di Kota-kota Besar di Indonesia

Rekomendasi Sekolah Internasional di Kota-kota Besar di Indonesia

Setiap orang tua tentu ingin memberikan segala hal yang terbaik dalam hidupnya, termasuk soal pendidikan. Kini, ada banyak sekolah yang punya kualitas mumpuni untuk membantu Si Kecil menjadi anak yang berprestasi di bidang pendidikan.

Salah satu jenis sekolah yang menawarkan pendidikan berkualitas untuk anak adalah sekolah internasional. Seperti namanya, sekolah ini menawarkan kurikulum serta metode pembelajaran berbasis atau berstandar internasional atau global.

Selain sistem pengajaran yang digunakan, penggunaan bahasa serta hadirnya guru-guru asing menjadi nilai tambah dalam pendidikan di sekolah internasional. Nah, M&B punya beberapa rekomendasi sekolah internasional yang terletak di beberapa kota besar di Indonesia berikut ini sebagai referensi buat Anda, Moms dan Dads.

1. Jakarta Intercultural School (JIS)

Salah satu sekolah internasional terkemuka di ibu kota adalah Jakarta Intercultural School (JIS). Sekolah ini menggunakan program International Baccalaureate (IB) diploma dan Advanced Placement (AP). JIS memiliki tiga kampus, dua untuk SD di Pattimura dan Pondok Indah serta satu kampus utama untuk SMP dan SMA di Cilandak, Jakarta Selatan.

Sekolah ini menghadirkan fasilitas dan fakultas modern serta lingkungan inklusif. Total biaya yang perlu disiapkan per tahunnya 496,5 juta rupiah, terbagi atas uang masuk, uang sekolah, dan uang penunjang kegiatan sekolah anak lainnya.

2. Bandung Alliance Intercultural School (BAIS)

Bandung Alliance Intercultural School (BAIS) merupakan sekolah internasional pertama yang berlokasi di Jawa Barat BAIS dan saat ini satu-satunya sekolah Kristen internasional di Indonesia yang terakreditasi melalui Association of Christian Schools International (ACSI).

Sekolah ini menggunakan kurikulum internasional yang mencakup pelatihan kewarganegaraan, pengembangan karakter, nilai-nilai pribadi, dan etika. Biaya untuk menyekolahkan Si Kecil di sini berkisar 61 juta rupiah untuk jenjang TK sampai 250 juta rupiah untuk jenjang SMA.

3. Bali Island School (BIS)

Buat Moms dan Dads yang berdomisili di Bali, Anda bisa mengintip Bali Island School (BIS) yang menggunakan kurikulum International Baccalaureate. Jenjang pendidikannya terdiri dari TK, SD, SMP dan SMA, dengan guru-guru dan lingkungan yang multikultural.

Dengan pendekatan berbasis proyek dan penekanan pada keberlanjutan, BIS mendorong siswa untuk menjadi pemikir kritis yang peduli terhadap dunia. Untuk menyekolahkan Si Kecil di sini, biaya yang diperlukan adalah sekitar 51 juta rupiah untuk TK sampai kisaran 278 juta rupiah untuk  SMA.

4. Medan Independent School (MIS)

Di Sumatera Utara juga ada sekolah berbasis internasional, yaitu Medan Independent School (MIS). MIS merupakan satu-satunya sekolah dengan kurikulum International Baccalaureate (IB) Continuum di Medan, menyediakan Primary Years Programme (PYP), Middle Years Programme (MYP), dan Diploma Programme (DP) bagi siswa usia 3-18 tahun.

Beragam fasilitas seperti laboratorium sains, ruang seni dan musik, kolam renang, serta indoor gym disediakan untuk mendukung pembelajaran Si Kecil. Biaya yang diperlukan untuk bersekolah di sini berkisar 93 juta rupiah sampai 223 juta rupiah di setiap jenjangnya.

5. Sampoerna Academy Surabaya

Sekolah dengan kurikulum internasional lainnya adalah Sampoerna Academy, yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Di Surabaya, misalnya, ada dua kampus yang berlokasi di Pakuwon Indah dan yang baru saja launching di Grand Pakuwon. Sekolah ini menggunakan kurikulum Cambridge Internasional dengan metode belajar STEAM. Metode ini menggabungkan Science, Technology, Engineering, Arts, & Mathematics, di mana anak diharapkan mampu mengembangkan kompetensi 5C, Creativity, Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Character.

Kampus yang berada di Grand Pakuwon sendiri dibuka dari tingkat early learning (PAUD) hingga high school (SMA). Biaya masuknya berkisar 26 juta rupiah untuk prasekolah hingga 150 juta rupiah untuk kelas 12 per tahunnya (di luar biaya pendaftaran dan penunjang kegiatan sekolah lainnya).

6. High Scope

Last but not least ada High Scope, sekolah internasional yang menggunakan kurikulum International Baccalaureate, Edexcel, dan Cambridge International Examinations yang dipadukan dengan kurikulum nasional. Terdapat jenjang pendidikan TK sampai SMA, dengan salah satu keunikannya yaitu sistem multi-age. Di sistem ini, ada 2 grade sekaligus yang belajar bersama-sama dalam satu kelas. High Scope sendiri hadir di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Palembang, dan Bali. Biaya untuk bersekolah di sini ada di kisaran 18 juta rupiah untuk TK serta 70 juta rupiah untuk tingkat SD.

Berbagai sekolah internasional ini bisa Moms jadikan pertimbangan untuk bisa memberikan pendidikan yang terbaik buat Si Kecil, dari sisi akademis maupun bakat. Selain dari kurikulum dan biaya, Anda juga bisa memilih sekolah internasional dari metode belajar, bahasa, pengajar, serta sistem penilaian yang bisa mendukung perkembangan minat dan bakat anak. Dengan menyekolahkan anak di sekolah internasional, diharapkan Moms bisa mempersiapkan anak untuk sukses di sekolah dan kehidupan selanjutnya serta makin terhubung secara global. (M&B/Vonia Lucky/ND/Foto: Master1305/Freepik, Instagram)