Type Keyword(s) to Search
BABY

Moms, Ini Tahap Perkembangan Penglihatan Bayi Usia 0-12 Bulan

Moms, Ini Tahap Perkembangan Penglihatan Bayi Usia 0-12 Bulan

Bayi sudah bisa melihat sejak ia lahir, meskipun penglihatannya belum sempurna dengan jarak pandang yang masih terbatas. Namun, satu hal yang perlu Moms ketahui, penglihatan bayi berkembang dengan sangat cepat seiring bertambahnya usia Si Kecil. Misalnya saja, di usia 1 bulan bayi hanya mampu melihat warna hitam dan putih, lalu di usia berikutnya ia sudah mulai bereaksi terhadap cahaya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini tahap perkembangan penglihatan bayi usia 0-12 bulan yang perlu Moms ketahui.

Penglihatan bayi 0-1 bulan

Bayi baru lahir tidak punya kemampuan untuk memfokuskan mata. Ia hanya mampu melihat secara perifer atau ke arah samping, sehingga Moms tak perlu khawatir jika Si Kecil belum bisa fokus terhadap wajah atau benda di hadapannya.

Melansir laman Parents, di usia 0-1 bulan, bayi hanya mampu melihat warna yang terdiri dari hitam, putih, dan abu-abu. Itu karena sel-sel saraf pada retinanya belum berkembang secara optimal. Kondisi ini yang kemudian membuat bayi sangat sensitif terhadap cahaya, karena buat Si Kecil, sesuatu yang terang atau menyilaukan akan menarik perhatiannya.

Penglihatan bayi usia 2-4 bulan

Di usia 2-3 bulan, penglihatan bayi belum terkoneksi dengan tubuhnya secara baik. Ini membuat mata Si Kecil tampak seperti melihat ke samping atau biasa disebut juling. Namun, Moms tak perlu khawatir, karena seiring berjalannya waktu, otot mata bayi akan belajar untuk bergerak, sehingga kemampuan koordinasi visualnya juga akan meningkat.

Baca juga: Tak Perlu Panik saat Melihat Mata Bayi Juling, Ini Alasannya

Di usia 3-4 bulan, mata bayi akan mulai terlatih untuk mengikuti berbagai objek di sekitarnya. Jika Anda menggoyangkan mainan di dekatnya, maka mata Si Kecil akan secara otomatis ikut melacak gerak benda, sementara tangannya akan mulai berusaha meraih benda tersebut.

Penglihatan bayi 4-6 bulan

Di usia 4-5 bulan, organ mata bayi sudah mampu membedakan beberapa jenis warna, seperti merah, kuning, dan hijau. Selain itu, koordinasi mata dan tangannya juga makin berkembang. Inilah yang kemudian membuat bayi Anda mampu menggapai atau menggenggam benda yang dilihatnya.

Di usia 5-6 bulan, kemampuan penglihatan bayi makin meningkat. Bayi Anda sudah makin jelas dalam melihat benda atau objek yang jaraknya sedikit lebih jauh dari tempatnya berada. Di fase ini, Si Kecil juga sudah mampu melihat objek dengan bentuk 3 dimensi.

Penglihatan bayi 7-9 bulan

Di usia 7-8 bulan, perkembangan penglihatan bayi tak jauh berbeda dengan usia 5-6 bulan. Namun, di usia ini Si Kecil sudah mampu melihat objek-objek yang lebih kecil dan timbul rasa ingin tahunya tentang objek tersebut.

Di usia 8-9 bulan, perkembangan penglihatan bayi makin meningkat, Moms. Pandangannya makin tajam, sehingga ia mulai bisa menunjuk atau meminta benda di sekitarnya. Di usia ini, Moms bisa mulai memeriksakan mata Si Kecil ke dokter untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan penglihatan.

Penglihatan bayi 10-12 bulan

Di usia 10-11 bulan, penglihatan bayi makin baik. Ia sudah mampu menilai jarak tempatnya berada dengan benda yang dituju. Kemampuan ini berguna untuk membantunya belajar berdiri dan berjalan serta membuat bayi mampu mengenali sosok orang yang dikenalnya dari jarak jauh.

Di usia 11-12 bulan, bayi sudah mampu melihat objek yang bergerak cepat di sekitarnya. Di rentang usia ini mata Si Kecil juga mulai mengalami perubahan warna, misalnya, saat lahir matanya berwarna cokelat, lalu akan berubah menjadi lebih gelap.

Itulah tahap perkembangan penglihatan bayi usia 0-12 bulan yang perlu Anda tahu. Untuk mengoptimalkan perkembangan matanya, Moms bisa membantu dengan mengajaknya bermain atau memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan usia Si Kecil (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: BristekJegor/Freepik)