Type Keyword(s) to Search
BABY

Mata Bayi Sering Melihat ke Atas? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mata Bayi Sering Melihat ke Atas? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mata bayi yang sering melihat ke atas tentu menjadi satu kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua. Namun, sebenarnya ini adalah hal yang normal terjadi kok, Moms.

Melansir laman Romper, kondisi seperti ini sering terjadi karena mata bayi masih belum memiliki fokus yang baik. Di samping itu, jarak pandangnya juga masih sangat terbatas, sehingga saat melihat warna yang kontras, Si Kecil akan merasa tertarik dan bola matanya bergerak ke arah atas. Agar lebih jelas, simak penyebab dan cara mengatasi mata bayi yang sering melihat ke atas berikut ini, Moms!

Penyebab mata bayi sering melihat ke atas

Penyebab mata bayi sering melihat ke atas sebenarnya cukup beragam, Moms. Namun, pada umumnya, ini terjadi karena fokus mata bayi belum berkembang dengan sempurna. Berikut ini sejumlah alasan mata bayi sering melihat ke atas.

1. Belum memiliki fokus yang baik

Mata bayi tentunya berbeda dengan mata orang dewasa. Fungsi sistem penglihatan bayi masih belum sempurna, sehingga ia belum memiliki fokus mata yang baik. Di sisi lain, sistem penglihatan yang belum optimal juga membuat bola mata bayi tak bisa bergerak secara akurat, akibatnya Si Kecil kerap melihat ke arah atas.

2. Memiliki jarak pandang yang terbatas

Bayi yang baru lahir punya jarak pandang yang masih sangat terbatas, hanya 20-30 cm dari hadapannya. Dengan jarak tersebut, biasanya bayi hanya bisa melihat objek yang ada di depannya, misalnya wajah Moms dan Dads, atau mainan yang menggantung di atasnya atau berada di depannya.

3. Bayi sangat tertarik melihat warna kontras

Mata bayi sering melihat ke atas juga bisa disebabkan karena Si Kecil sangat tertarik melihat warna kontras. Warna kontras akan sangat menarik perhatiannya, misalnya saja lampu yang berada di atasnya, yang kemudian membuat matanya sering melihat ke arah atas.

Kondisi ini terjadi karena di usianya Si Kecil umumnya hanya mampu membedakan keadaan terang dan gelap saja. Itulah sebabnya saat keadaan terang ia akan mencari sumber cahaya terang tersebut, yang biasanya berasal dari lampu yang berada di atasnya.

Baca juga: Tak Perlu Panik saat Melihat Mata Bayi Juling, Ini Alasannya

Cara mengatasi mata bayi yang sering melihat ke atas

Mata bayi yang sering melihat ke atas umumnya bukan merupakan masalah yang serius, Moms. Hal ini akan mulai berkurang seiring dengan bertambahnya usia dan berkembangnya sistem penglihatan Si Kecil. Namun, jika Moms merasa khawatir, atasi hal tersebut dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Berikan mainan yang memiliki bunyi, lalu arahkan mainan itu ke kanan dan kiri. Cara ini bisa membantu bayi lebih terlatih mengatur arah gerak bola matanya.

2. Lakukan kontak mata secara rutin, misalnya saat sedang menyusui. Moms bisa pandangi mata Si Kecil sambil mengajaknya berbicara untuk melatih fokus matanya.

3. Tutup matanya secara perlahan dengan tangan, kemudian membukanya. Lakukan secara berulang. Cara ini mirip dengan bermain cilukba.

4. Jika bayi terus-menerus melihat ke arah atas, Moms bisa coba untuk mengganti posisi Si Kecil.

5. Hindari menggantung mainan di atas kepala atau tempat tidurnya, agar tidak membuatnya terus-menerus melihat ke arah atas.

6. Hindari memaksa bayi untuk melakukan kontak mata, terutama saat ia merasa kesal, lapar, atau mengantuk. Sebaliknya, berikan stimulasi saat Si Kecil sedang ceria atau pada waktu bermain.

Itulah penyebab dan cara mengatasi mata bayi yang sering melihat ke atas. Namun, jika Moms mungkin mencurigai ada hal lain yang terjadi pada Si Kecil, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, ya! (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepic-Diller/Freepik)