Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Sinopsis dan Fakta Menarik Wonka, Film Musikal tentang Pembuat Cokelat Ajaib

Sinopsis dan Fakta Menarik Wonka, Film Musikal tentang Pembuat Cokelat Ajaib

Moms pasti sudah tak asing dengan karakter Willy Wonka. Ya, pemilik pabrik coklat ajaib yang eksentrik ini tentu menarik perhatian sejak muncul dalam novel Charlie and the Chocolate Factory karya Roald Dahl pada 1964. Kepopuleran Willy Wonka pun tak sirna dengan hadirnya film Willy Wonka & the Chocolate Factory (1971) dan Charlie and the Chocolate Factory (2005). Kini, karakter Willy Wonka kembali muncul ke layar perak dalam film terbaru Wonka lho, Moms!

Tayang di bioskop Indonesia sejak 6 Desember silam, Wonka menjadi salah satu film yang tak boleh Anda lewatkan. Tak hanya bernostalgia dengan berbagai karakter karya Roald Dahl, film ini juga tampil segar dengan konsep musikal yang penuh magis. Pastinya, Moms dan Si Kecil tak akan merasa bosan menontonnya.

Sebelum menonton Wonka di bioskop, tak ada salahnya untuk menyimak sinopsis dan berbagai fakta menarik soal filmnya berikut ini, Moms! Be ready to get mesmerized!

Sinopsis Wonka

Wonka adalah prekuel dari dua film pendahulunya. Berfokus pada karakter Willy Wonka (Timothée Chalamet), Wonka menceritakan kisah perjuangan Wonka untuk menjadi pembuat cokelat ajaib paling berpengaruh di muka bumi. Kisah Wonka dimulai ketika Willy Wonka sampai di daratan Eropa untuk mencapai mimpinya membuka toko cokelat.

Dikenal sebagai pesulap muda yang miskin, Willy mau tak mau memulai kariernya sebagai pembuat cokelat dari nol. Willy kemudian tinggal di rumah cuci milik Mrs. Scrubitt (Olivia Colman) yang jahat. Karena tak bisa baca tulis, Willy tertipu karena menandatangani perjanjian sewa yang terlampau mahal. Meskipun begitu, di tempat itulah ia bertemu dengan Noodle (Calah Lane), Abacus (Jim Carter), Piper (Natasha Rothwell), Larry (Rich Fulcher), dan Lottie (Rakhee Thakrar) yang kelak membantunya mewujudkan mimpi.

Kesulitan tak hanya sampai di situ, karena Willy dihadapkan pada persaingan bisnis cokelat pelik yang dikuasai oleh Chocolate Cartel yang beranggotakan Mr. Slugworth (Paterson Joseph), Mr. Prodnose (Matt Lucas), dan Mr. Fickelgruber (Mathew Baynton). Ketiga orang ini kemudian berusaha menjatuhkan setiap langkah perjuangan Willy, bahkan hingga ia dikurung.

Lalu, apakah Willy berhasil mengalahkan Chocolate Cartel dan mewujudkan impiannya sebagai pembuat cokelat ajaib? Tonton Wonka untuk tahu jawabannya ya, Moms!

Fakta menarik Wonka

Tak hanya memiliki jalan cerita yang menarik, film ini juga memiliki beberapa fakta unik yang sayang jika dihiraukan. Yuk, simak beberapa fakta menarik Wonka berikut ini, Moms!

1. Disutradarai oleh Paul King

Apakah Moms sudah menonton film Paddington (2014) dan Paddington 2 (2017) yang ikonik? Jika ya, Moms pasti sudah tak asing dengan Paul King yang menyutradarainya. Faktanya, film ini disutradarai oleh sutradara berbakat tersebut. Wah, film ini tentu akan tampil mengagumkan!

2. Kemunculan raja humor

Komika sekaligus pelawak legendaris Rowan Atkinson muncul di film ini, lho! Hadir untuk memenuhi karakter seorang pendeta, Rowan Atkinson membawa bumbu humor ikonik yang segar di dalam film ini.

3. Mengambil desain klasik

Tak lengkap rasanya jika mengisahkan Willy Wonka tanpa memunculkan karakter Oompa Loompa yang epik. Diperankan oleh Hugh Grant, desain Oompa Loompa di film ini diambil langsung dari film Willy Wonka & the Chocolate Factory yang tayang pada 1971, yang juga merupakan film adaptasi pertama dari novel. Karakter Oompa Loompa yang digambarkan pada novel memiliki tinggi badan selutut manusia dewasa, berambut panjang, dan memiliki bahasanya sendiri.

4. Hampir dibintangi oleh Tom Holland

Tahukah Moms bahwa karakter Willy Wonka di film ini hampir diperankan oleh Tom Holland? Ya, faktanya Tom Holland dan Timothée Chalamet adalah dua finalis yang terpilih untuk memerankan karakter Willy Wonka, sebelum akhirnya Timothée Chalamet yang berhasil mendapatkan peran ini. Sutradara Paul King memilih Timothée berdasarkan pertunjukan video Timothée di masa sekolahnya dulu.

5. Mengonsumsi banyak cokelat

Sutradara Paul King mengaku bahwa berat badannya naik hingga 50 pound setelah mengonsumsi begitu banyak cokelat yang ada di set syuting Wonka. “Kami memiliki ahli cokelat yang membuat banyak kreasi cokelat mengagumkan. Hasil karyanya terasa sangat lezat, lebih dari yang diharuskan. Soalnya, aktor sangat piawai untuk berpura-pura, namun ajaibnya cokelat-cokelat ini terasa lebih enak dari yang terlihat,” tutur Paul King dikutip dari Imdb. Timothée bahkan dilaporkan beberapa kali sakit selama proses produksi, karena ia mengonsumsi begitu banyak cokelat dan permen. “Mukjizat bahwa Timothée tetap tampil langsing dan tampan” timpal Paul. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Youtube-Warner Bros.)