Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Cara Ampuh untuk Mencerahkan Wajah Kusam

8 Cara Ampuh untuk Mencerahkan Wajah Kusam

Memiliki kulit wajah yang cerah dan bercahaya merupakan salah satu skincare goal banyak perempuan. Namun sayangnya, kurang tidur, stres, usia, dan bahkan apa yang kita konsumsi bisa membuat wajah tampak kusam.

Kabar baiknya, ada banyak cara untuk mencerahkan wajah kusam, baik dengan bahan-bahan alami ataupun menggunakan kandungan skincare tertentu.

Meskipun begitu, perlu dipahami bahwa, “Mencerahkan wajah bukan berarti mengubah warna kulit alami Anda, tapi hanya membuatnya tampak lebih bersih, sehat, dan bercahaya (radiant skin),” kata Divya Shokeen, MD, seorang dokter kulit medis, bedah, dan kosmetik bersertifikat.

Nah, berikut ini 8 cara mencerahkan wajah kusam, baik secara alami maupun menggunakan kandungan skincare tertentu, menurut para ahli.

1. Menerapkan rutinitas perawatan kulit yang tepat

Salah satu kunci untuk membuat kulit lebih cerah bercahaya adalah dengan menerapkan rutinitas perawatan kulit yang tepat. Terapkan rutinitas skincare dasar yang dimulai dengan membersihkan wajah secara menyeluruh di pagi dan malam hari menggunakan pembersih wajah yang sesuai jenis kulit Anda, menjaga hidrasi dan kelembapan kulit, serta mengaplikasikan sunscreen setiap hari sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Menjaga kulit tetap bersih dan lembap, serta melindunginya dari paparan sinar matahari bisa membantu mencerahkan kulit wajah dan membuatnya tampak sehat bercahaya.

2. Melakukan eksfoliasi kulit

Selain menerapkan rutinitas perawatan kulit yang tepat, para ahli sepakat bahwa eksfoliasi kulit adalah cara mencerahkan wajah kusam lainnya yang cukup efektif. Eksfoliasi adalah proses menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di lapisan luar kulit, sehingga membuat kulit tampak lebih bersih, halus, dan cerah.

Anda bisa melakukan eksfoliasi kulit 1-2 kali seminggu menggunakan chemical exfoliatior atau physical exfoliatior, yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit Anda.

3. Menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang telah terbukti mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, dan meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C juga mampu menghambat enzim tirosinase yang dibutuhkan untuk produksi melanin, sehingga membuatnya menjadi agen pencerah yang efektif.

Selain menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin C untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Menggunakan produk skincare yang mengandung niacinamide

Tak hanya vitamin C, niacinamide juga menjadi bahan skincare lainnya yang ampuh untuk mencerahkan kulit wajah. Penelitian dalam Journal of Cosmetic Dermatology, niacinamide merupakan bentuk vitamin B3 yang mampu membantu mencerahkan kulit wajah kusam dan meratakan warna kulit, sehingga membuatnya tampak lebih cerah.

5. Memasukkan retinol ke dalam rutinitas perawatan kulit harian

Sudah bukan rahasia lagi jika retinol merupakan salah satu bahan skincare terbaik untuk membantu mencerahkan kulit wajah kusam. Retinol merupakan turunan vitamin A yang mampu membantu meratakan warna kulit dengan cara mendorong pergantian sel kulit dengan cepat, sehingga menghasilkan warna kulit yang lebih cerah dan merata.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology menunjukkan bahwa produk skincare yang mengandung retinol 0,5% bisa membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit tidak merata pada orang dengan masalah hiperpigmentasi kulit ringan hingga sedang.

Anda bisa mengaplikasikan produk skincare berbahan retinol di malam hari, dan pastikan untuk selalu mengaplikasikan sunscreen di pagi harinya, karena retinol bisa membuat kulit Anda jadi lebih sensitif terhadap matahari. Hindari penggunakan retinol berbarengan dengan kandungan skincare lainnya seperti AHA, BHA, dan vitamin C, yang bisa meningkatkan risiko iritasi kulit. Dan untuk amannya, hindari penggunaan retinol untuk ibu hamil.

6. Menggunakan masker wajah alami campuran yoghurt, strawberry, dan madu

Selain menggunakan produk skincare tertentu yang terbukti mampu mencerahkan kulit wajah, cara lainnya yang diyakini efektif untuk mencerahkan wajah kusam adalah dengan menggunakan masker wajah alami. Anda bisa membuat sendiri masker wajah alami dari campuran yoghurt, strawberry, dan madu.

Ambil beberapa sendok plain yoghurt, 2-3 buah strawberry yang sudah ditumbuk, dan sedikit madu. Campur semua bahan dalam satu wadah, lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas sampai bersih.

“Selain bisa membantu mencerahkan wajah kusam, masker wajah alami ini juga bisa membantu menenangkan kulit dan mengencangkan pori-pori,” kata Joanna Vargas, celebrity facialist di New York.

7. Menggunakan masker wajah alami campuran kunyit dan susu

Ulasan dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology menunjukkan bahwa kunyit terbukti efektif untuk meratakan dan mencerahkan kulit wajah berkat kandungan kurkuminoid di dalamnya yang kaya antioksidan dan pencerah kulit alami.

Untuk membuatnya, cukup campurkan kunyit bubuk dan susu secukupnya hingga menjadi pasta kental, lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas sampai bersih.

8. Menggunakan masker wajah alami campuran oatmeal dan rose water

Satu lagi cara mencerahkan wajah kusam secara alami, yaitu dengan menggunakan masker wajah alami campuran oatmeal dan rose water. Campuran kedua bahan ini diketahui bisa membantu meratakan dan mencerahkan kulit wajah kusam, berkat sifat pencerah alami dan vitamin di dalamnya.

Anda bisa menggunakan ground oatmeal, lalu campurkan dengan air mawar suling secukupnya hingga menjadi pasta kental. Jika mau, Anda bisa tambahkan 2 tetes lavender essential oil. Kemudian, oleskan secara merata ke kulit wajah. Biarkan selama sekitar 10-15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Itulah 8 cara mencerahkan wajah kusam yang bisa Anda lakukan di rumah. Selalu pastikan untuk memilih produk skincare yang sesuai jenis kulit Anda, dan lakukan patch test terlebih dahulu saat mencoba kandungan atau produk skincare baru. Minumlah banyak air putih, tidur cukup, hindari stres, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, dan terapkan rutinitas perawatan kulit yang tepat secara konsisten untuk hasil terbaik. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Arina Krasnikova/Pexels)