Type Keyword(s) to Search
BABY

Pentingnya Stimulasi Merangkak untuk Eksplorasi Si Kecil

Pentingnya Stimulasi Merangkak untuk Eksplorasi Si Kecil

Merangkak merupakan bagian dari eksplorasi kemampuan bayi. Saat mulai merangkak, Si Kecil akan menemukan dunia baru untuk dijelajahi, dilihat, dan disentuh.

Faktanya, memang tidak semua bayi melewati fase merangkak untuk bisa berjalan. Namun, tak dapat dimungkiri, Moms, merangkak tetap merupakan salah satu proses penting dalam tumbuh kembang bayi.

Kenapa penting? Karena saat mulai merangkak, bayi akan bisa berpindah dari satu titik ke titik lain. Dengan begitu, Si Kecil akan berlatih menggerakkan otot-otot tubuhnya dan menggapai benda-benda yang menarik perhatiannya. Di sisi lain, bayi pun mulai memiliki sudut pandang berbeda terhadap lingkungan di sekitarnya.

Dilansir dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), proses merangkak pada umumnya dimulai pada usia 7-10 bulan. Setiap bayi punya cara tersendiri untuk mulai bisa bergerak. Ada yang bergerak mundur terlebih dahulu, ada yang bergeser menggunakan bokong, ada yang berguling, ada pula yang merayap dengan posisi dada serta perut tetap menyentuh permukaan.

Ketika kekuatan tangan, kaki, punggung, dan kontrol kepala membaik, maka bayi akan belajar untuk menopang berat tubuhnya dengan kaki dan tangan. Lalu ia akan bergerak menggunakan kaki dan tangannya bergantian sambil mengangkat kepalanya guna melihat sekeliling. Gerakan inilah yang biasa disebut merangkak.

Bantu prosesnya

Untuk memperlancar proses Si Kecil belajar merangkak, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, Moms, yakni:

1. Rutin mengajak Si Kecil bermain sambil tengkurap sejak beberapa bulan pertama kehidupannya. Tak perlu terlalu lama, cukup beberapa menit sebagai permulaan dan ditingkatkan secara bertahap. Bermain dalam posisi tengkurap bisa membantu perkembangan kekuatan otot bahu, punggung, batang tubuh, dan tangan sebagai dasar untuk belajar merangkak. Namun, pastikan Moms selalu mendampingi Si Kecil saat ia mulai berlatih tengkurap, ya.

2. Letakkan mainan atau benda dengan warna menarik di dekat Si Kecil agar ia tertarik untuk meraihnya.

3. Saat Si Kecil sudah dapat menopang tubuh dengan kaki dan tangannya, sesekali letakkan telapak tangan Anda di belakang telapak kakinya. Hal ini dapat membantu bayi tetap stabil dan memberi dasar pijakan untuk mulai bergerak.

4. Berikan waktu ekstra untuk Si Kecil bermain, bergerak, dan menjelajah secara mandiri.

5. Utamakan keamanan dan keselamatan Si Kecil saat belajar merangkak. Pastikan lingkungan di sekitar ruang jelajah Si Kecil aman dari benda yang berbahaya.

6. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lantai saat bayi Anda mulai belajar merangkak.

Pilih yang efektif bunuh bakteri

Seperti disebutkan di atas, menjaga kebersihan lantai sangat penting ketika bayi mulai merangkak. Moms pasti tidak mau Si Kecil justru sakit karena kuman dan bakteri menempel di tangannya saat sedang merangkak, kan?

Nah, untuk menjaga kebersihan lantai, Moms bisa menggunakan Super Pell! Super Pell merupakan pembersih lantai dengan banyak keunggulan, lho.

Varian aromanya juga beragam, Moms. Yang terbaru ada Super Pell Japanese Apple and Peony yang memiliki wangi 10 kali lebih segar dan tahan lama hingga 8 jam serta dilengkapi dengan teknologi Quick Clean & Dry agar membersihkan lantai menjadi lebih efisien.

Lalu ada Super Pell Korean Strawberry dengan teknologi Power Clean agar lantai higienis. Wangi buah strawberry dari Koreanya bisa bertahan hingga 8 jam.

Begitu pula dengan Super Pell Antibac Citrus dengan wangi segar citrus yang tahan hingga 8 jam. Varian yang satu ini memiliki formula antibakteri dan virus sehingga lantai menjadi higienis.

Untuk pilihan lain ada Super Pell Lemon Ginger, Super Pell Cherry Rose, dan Super Pell Love Blossom. Khusus untuk Moms yang punya anak-anak, ada juga Super Pell Baby Lavender dengan teknologi Power Clean dan Quick Dry sehingga lantai kering dalam 1 menit sehingga Moms bisa lebih cepat bermain dengan anak setelah lantai dibersihkan. Super Pell Baby Lavender telah teruji secara dermatologis dan wangi lembut lavender.  

Ingat Moms, menjaga kebersihan rumah penting banget agar Si Kecil selalu terlindungi. Oleh sebab itu, langsung saja stok Super Pell di rumah. Anda bisa mendapatkannya di supermarket terdekat atau e-commerce kesayangan Anda. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik, Super Pell)