Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Cara Mudah dan Alami Memanjangkan Bulu Mata

7 Cara Mudah dan Alami Memanjangkan Bulu Mata

Fungsi utama bulu mata adalah untuk melindungi mata dari partikel-partikel kecil seperti debu, pasir, atau kotoran yang bisa membahayakan mata. Namun, bukan itu saja, bulu mata juga merupakan salah satu fitur wajah yang memikat. Bulu mata yang panjang dan lentik sering dianggap sebagai simbol kecantikan. Meskipun begitu, tidak semua orang terlahir dengan bulu mata panjang alami.

Jika Anda mendambakan punya bulu mata yang panjang dan lentik, M&B punya sejumlah cara memanjangkan bulu mata, yang terbukti efektif.

1. Menjaga kebersihan bulu mata

Menurut Jeannette Graf, MD, seorang dermatolog bersertifikat, menjaga kebersihan bulu mata merupakan salah satu cara efektif untuk mendapatkan bulu mata yang sehat dan panjang. Pastikan untuk menghapus semua riasan mata (dan seluruh wajah) dengan lembut di malam hari sebelum tidur. Saat menghapus riasan, hindari menggosok area mata dengan kasar, karena bisa mengiritasi pangkal bulu mata, merontokkan bulu mata, dan menghambat pertumbuhannya.

Pilihlah pembersih mata khusus atau eye makeup remover yang diformulasikan khusus untuk mengangkat riasan mata secara maksimal. Menjaga folikel bulu mata tetap bersih bisa mendorong pertumbuhan, sehingga bulu mata jadi lebih sehat dan panjang.

2. Menyisir bulu mata

Graf menjelaskan, sama seperti rambut Anda, menyisir bulu mata setiap hari juga bisa membantu merangsang pertumbuhan folikel bulu mata. Anda bisa menggunakan sisir bulu mata yang lembut. Sisirlah bulu mata setiap malam untuk menstimulasi pertumbuhan folikel bulu mata. Manfaat lain menyisir bulu mata adalah membantu menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang menempel di bulu mata dan membuat bulu mata lebih lentik.

3. Menggunakan serum bulu mata

Faktanya, serum bulu mata tidak hanya bisa membantu melembapkan dan menghidrasi bulu mata, tapi juga membantu menguatkan bulu mata dan menstimulasi pertumbuhannya. Serum bulu mata sering kali dikemas dengan berbagai kandungan seperti peptida, biotin, dan hyaluronic acid yang terbukti bisa memperkuat bulu mata dan membuatnya lebih panjang. 

4. Menggunakan minyak alami

Beberapa minyak alami diketahui bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan bulu mata, seperti castor oil, coconut oil, olive oil, dan vitamin E oil. Ini merupakan cara memanjangkan bulu mata secara alami yang bisa Anda coba di rumah. 

Castor oil atau minyak jarak dikenal karena kandungan asam lemaknya yang tinggi, yang bisa membantu menghidrasi dan mengurangi risiko kerusakan pada bulu mata, sehingga bisa membuat bulu mata terlihat lebih tebal dan padat, menurut Mona Gohara, MD., seorang dermatolog.

Coconut oil juga kaya asam lemak, khususnya lauric acid, yang bisa menguatkan, melembapkan, dan melindungi bulu mata dari infeksi bakteri dan jamur, sehingga membuat bulu mata tampak lebih fuller, tidak mudah rontok, dan lebih sehat.

Sementara itu, sebuah penelitian melaporkan bahwa olive oil bisa meningkatkan pertumbuhan bulu mata berkat kandungan antioksidan dan asam lemak tinggi di dalamnya, seperti oleic acid, linoleic acid, dan palmitic acid.

Sedangkan vitamin E oil sebagai antioksidan yang kuat dapat menetralkan kerusakan akibat radikal bebas untuk mengurangi peradangan yang bisa mengganggu kesehatan folikel bulu mata, sekaligus melembapkan dan menutrisi bulu mata, sehingga bisa meningkatkan pertumbuhannya.

Anda bisa mengaplikasikan minyak alami ke bulu mata Anda di malam hari sebelum tidur menggunakan sikat bulu mata yang bersih, lalu oleskan dengan hati-hati dan menyeluruh pada upper lashes dan lower lashes. Hindari area waterline saat mengaplikasikan minyak alami di bulu mata. Biarkan semalaman saat Anda tidur, lalu bilas menggunakan air bersih atau micellar water khusus mata secara gentle esok paginya.

5. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera bisa membantu bulu mata Anda tumbuh lebih kuat dan panjang. Anda bisa mengaplikasikan aloe vera gel ke bulu mata bagian atas dan bawah dengan sikat bulu mata bersih sebelum Anda tidur, lalu bilas menggunakan air bersih atau micellar water khusus mata secara gentle esok paginya.

6. Menerapkan pola makan sehat dan tetap terhidrasi

Menurut Dr. Tsippora Shainhouse, seorang dermatolog bersertifikat, menerapkan pola makan sehat bisa membantu merangsang pertumbuhan bulu mata. Untuk itu, penuhi piring Anda dengan makanan kaya protein, antioksidan, vitamin A, C, E, dan biotin, yang akan mendorong pertumbuhan bulu mata yang kuat dan sehat.

Selain itu, sama seperti tubuh Anda yang membutuhkan hidrasi agar bisa berfungsi dengan baik, begitu pula bulu mata Anda. Minum banyak air akan menjaga tubuh Anda, termasuk bulu mata, tetap terhidrasi dan sehat. Dehidrasi justru bisa menyebabkan bulu mata lebih cepat rontok.

7. Menggunakan teh hijau

Teh hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda kalau teh hijau juga bermanfaat buat bulu mata? Berkat antioksidan tinggi, panthenol, dan kafein di dalamnya, teh hijau mampu melembapkan dan merangsang pertumbuhan bulu mata.

Seduh secangkir teh hijau, biarkan dingin, lalu gunakan kapas untuk mengoleskannya di bulu mata. Bilas setelah 15 menit. Rutinitas ini bisa membantu membersihkan folikel bulu mata, melembapkan, dan merangsang pertumbuhan bulu mata, sehingga bulu mata tumbuh lebih panjang, kuat, dan sehat.

Itulah beberapa cara memanjangkan bulu mata yang bisa Anda lakukan. Kunci mendapatkan bulu mata yang panjang dan lentik adalah dengan melakukan perawatan secara konsisten. Mendapatkan bulu mata yang lebih panjang dan lentik secara alami mungkin perlu waktu lama. Namun, pada akhirnya, Anda tidak hanya akan mendapatkan bulu mata yang lebih panjang dan lentik, tapi juga lebih sehat dan tidak mudah rontok. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)