Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

5 Manfaat Senam Kegel untuk Ibu Hamil dan Cara Melakukannya

5 Manfaat Senam Kegel untuk Ibu Hamil dan Cara Melakukannya

Moms mungkin sudah tidak asing lagi dengan senam Kegel untuk ibu hamil. Aktivitas fisik yang satu ini memang sering direkomendasikan untuk bumil, karena tergolong olahraga yang aman dan dipercaya bisa membantu mengencangkan otot dasar panggul atau panggul bagian bawah.

Menurut American Pregnancy Association, ibu hamil yang rutin melakukan senam Kegel umumnya menjalani persalinan yang lebih mudah dibandingkan mereka yang tidak, karena gerakan-gerakan dalam senam Kegel membuat bumil mampu mengontrol otot-otot tubuhnya selama persalinan berlangsung.

Penasaran dengan manfaat lainnya? Berikut ini 5 manfaat senam Kegel untuk ibu hamil.

1. Memperkuat otot panggul

Senam Kegel dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat otot di sekitar panggul, terutama otot-otot yang mendukung fungsi kerja kandung kemih, rahim, dan usus. Gerakan-gerakan dalam senam Kegel penting untuk dilakukan sebagai bentuk persiapan persalinan, Moms.

2. Mempermudah proses persalinan normal

Buat Moms yang berencana melahirkan secara normal, melakukan senam Kegel secara rutin bisa membantu mewujudkan rencana Anda tersebut. Menurut para ahli, senam Kegel bisa membantu mempermudah proses persalinan normal. Pasalnya, gerakan senam Kegel mampu memperkuat otot dasar panggul dan otot perut, yang diperlukan untuk mendorong bayi saat persalinan secara normal nanti. Dengan otot yang kuat, proses persalinan Anda akan berjalan dengan lancar dan tidak membutuhkan waktu lama.

3. Mengurangi risiko robek vagina saat melahirkan

Vagina robek cukup sering dialami bumil saat persalinan normal. Salah satu penyebabnya adalah waktu persalinan yang berlangsung cukup lama. Untuk menghindarinya, Moms bisa mencoba melakukan senam Kegel di masa kehamilan, sebab gerakan-gerakan dalam senam Kegel bisa membantu mengencangkan otot panggul. Otot panggul yang kuat akan membuat tubuh Anda lebih siap menjalani persalinan, sehingga prosesnya pun tidak akan memakan waktu lama.

4. Mengurangi masalah kesehatan selama kehamilan

Senam Kegel menjadi salah satu olahraga yang aman dilakukan selama kehamilan. Latihan fisik yang satu ini dipercaya bisa membantu mengurangi berbagai keluhan selama kehamilan, misalnya inkontinensia urine. Inkontinensia urine merupakan kondisi hilangnya kendali atas fungsi kandung kemih dan usus akibat otot yang melemah. Dengan kata lain, inkontinensia urine adalah melemahnya kemampuan untuk menahan buang air kecil dan membuat cairan dalam tubuh keluar dengan sendirinya, terutama saat batuk, bersin, atau mengejan.

5. Menurunkan risiko ambeien

Ambeien atau wasir jadi salah satu gangguan kesehatan yang kerap dialami bumil di akhir trimester kedua hingga trimester ketiga. Ambeien terjadi karena rahim Anda yang membesar selama hamil cenderung menekan pembuluh darah panggul. Tekanan yang tidak terkontrol ini kemudian membuat aliran darah di area anus jadi terhambat dan terjadi pembengkakan. Untuk mencegahnya, Moms bisa rutin melakukan senam Kegel di masa kehamilan.

Cara melakukan senam Kegel saat hamil

Setelah mengetahui beberapa manfaat senam Kegel untuk ibu hamil, berikut ini cara melakukannya, Moms.

1. Sebelum memulai senam Kegel, posisikan tubuh dalam keadaan nyaman dan aman, bisa berbaring, duduk, maupun berdiri. Anda juga bisa menggunakan bola Kegel sebagai bantuan. Identifikasi area otot dasar panggul, karena otot inilah yang nantinya harus berkontraksi selama senam dilakukan.

2. Setelah itu, kencangkan otot panggul dan tahan selama 5 detik. Lalu, lakukan relaksasi otot secara perlahan.

3. Bila sudah terbiasa, Anda bisa meningkatkan durasi saat mengencangkan otot panggul menjadi 10 detik.

4. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10-15 kali per set. Lakukan sebanyak 3 set per hari atau disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda.

Selamat mencobanya di rumah, Moms! (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepik)