Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Tepung Singkong Mocaf yang Lebih Sehat dan Bebas Gluten

Rekomendasi Tepung Singkong Mocaf yang Lebih Sehat dan Bebas Gluten

Moms mungkin sudah beberapa kali memakai tepung singkong sebagai bahan untuk membuat aneka makanan dan kue. Namun, umumnya tepung singkong masih mengandung protein gluten yang ternyata bisa menimbulkan dampak buruk buat tubuh, di antaranya gangguan pencernaan, malnutrisi, hingga kerusakan jaringan usus.

Untuk mengantisipasi hal ini, Moms bisa menggantinya dengan tepung singkong mocaf atau Modified Cassava Flour. Artinya, proses pembuatan tepung dimodifikasi dengan tambahan fermentasi mikroba atau enzimatis. Alhasil, dalam tepung mocaf terkandung nutrisi seperti soluble fiber, karbohidrat, kalsium, protein, oligasakarida, fosfor, fitoestrogen, dan glukosa.

Sebagai pilihan yang sehat, Moms bisa mendapatkan berbagai manfaat dari tepung mocaf, seperti:

  • Mengandung kalsium, fosfor, dan serat yang lebih tinggi daripada tepung terigu
  • Rendah gula, aman dikonsumsi semua orang
  • Mencegah penuaan dini
  • Mencegah menopouse
  • Melancarkan pencernaan
  • Meregenerasi sel.

Ada beberapa hal yang membedakan tepung mocaf dengan tepung tapioka pada umumnya. Bukan hanya prosesnya, tapi tekstur tepung mocaf juga lebih halus seperti tepung terigu. Warnanya pun lebih putih, tanpa aroma singkong, dan tidak ada rasa pahit. Karena baik untuk kesehatan dan cocok untuk dikonsumsi penderita alergi gluten, Moms bisa mencoba pakai tepung mocaf. Berikut ini rekomendasi tepung mocaf dari M&B yang bisa Moms jadikan pilihan.

1. Tepung Mocaf Lingkar Organik

Untuk memberikan asupan yang baik buat tubuh, Moms bisa menggunakan tepung mocaf dari Lingkar Organik. Tepung ini diproses secara alami dari singkong lokal segar, serta bebas dari 4P (penguat rasa, pewarna, pemanis, dan pengawet) sintetis. Dengan memilih tepung mocaf ini, Moms sudah ikut serta memberdayakan sekaligus menyejahterakan petani dan pengembangan dunia pendidikan.

2. Tepung Serbaguna Mocaf Gudang Rempah

Jadi salah satu bahan yang gluten free, Gudang Rempah menghadirkan Tepung Serbaguna Mocaf. Tepung ini bisa dipakai untuk ragam olahan, seperti kue bolu, kue kering, donat, mi, bahkan untuk tepung gorengan. Tepung ini terbuat dari 100 persen singkong asli, bebas pemutih, dan bebas pengawet. Teksturnya juga halus dan diproduksi secara higienis, sangat baik untuk dikonsumsi keluarga Anda.

3. Tepung Mocaf Mocafine

Yuk, mulai terapkan pola hidup sehat dengan beralih menggunakan tepung mocaf dari Mocafine. Tepung bebas gluten ini terbuat dari singkong segar pilihan bersertifikasi organik INOFICE yang bebas gluten, rendah indeks glikemik, dan tentu saja tidak berbau. Moms bisa mengkreasikan berbagai masakan, seperti gorengan, cilok, mochi, kue basah, kue kering, pancake, sampai bubur yang lezat dengan tepung ini.

4. Tepung Mocaf Bebas Gluten Ladang Lima

Satu lagi pilihan bahan gluten free untuk Moms adalah tepung mocaf dari Ladang Lima. Tepung serbaguna ini terbuat dari 100 persen singkong segar pilihan yang dirawat dan dibudidayakan secara alami tanpa tambahan bahan kimia. Anda bisa kreasikan beragam menu dengan tepung mocaf ini, seperti membuat muffin, cookies, gorengan, dan bisa juga dijadikan sebagai pengental.

Dengan tepung mocaf, Moms bisa buat beragam kue kering, seperti nastar, kukis, bahkan jadi bahan utama pembuatan mi kering atau mi telur. Jadi, Anda dan keluarga bisa menikmati beragam menu favorit tanpa rasa bersalah dan berat badan pun tetap terjaga. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik, Instagram)