Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ibu Menyusui Minum Kopi, Ini Faktanya yang Perlu Anda Tahu, Moms

Ibu Menyusui Minum Kopi, Ini Faktanya yang Perlu Anda Tahu, Moms

Buat Moms pecinta kopi, rasanya sulit ya, jika sehari saja tidak minum kopi. Eh, tapi bagaimana dengan wanita yang sedang dalam masa menyusui, apakah masih boleh minum kopi?

Pertanyaan soal apakah ibu menyusui boleh minum kopi atau tidak, sesungguhnya masih menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan bahwa busui sebaiknya tidak mengonsumsi kopi atau minuman lain yang berkafein karena bisa memicu efek negatif terhadap bayi.

Faktanya, saat Anda minum kopi, maka sebagian kafein yang terkandung di dalamnya bisa ikut masuk ke dalam ASI. Jadi, secara tidak langsung, Si Kecil akan mengonsumsi kafein tersebut saat Anda menyusuinya.

Yang jadi masalah adalah tubuh bayi belum bisa memecah dan menyingkirkan kafein layaknya tubuh orang dewasa. Menurut Alodokter, hal ini disebabkan oleh ginjal dan hati bayi belum berkembang sempurna. Alhasil, kafein akan menumpuk di dalam tubuh Si Kecil.

Makin muda usia bayi, makin lama pula waktu yang dibutuhkan agar kafein bisa keluar dari tubuhnya. Pada bayi usia di bawah 1 bulan, waktu yang dibutuhkan adalah 3-4 hari.

Perlu diketahui, kafein juga memiliki efek stimulan yang bisa merangsang aktivitas fisik. Bukan tak mungkin kandungan kafein di dalam ASI bisa membuat bayi jadi gelisah, rewel, dan sulit tidur.

Baca juga: Ini Cara Minum Kopi yang Aman bagi Penderita Asam Lambung

Jadi, bolehkah ibu menyusui minum kopi?

Mengingat cukup banyak efek negatif kafein terhadap bayi, jadi, apakah ibu menyusui boleh mengonsumsi kopi? Jawabannya: boleh!

Seperti dikutip BabyCenter, minum kopi sesungguhnya cukup aman buat busui asalkan tidak berlebihan. Sebagian pakar merekomendasikan untuk membatasi konsumsi kafein hingga 300 miligram per hari.

Efek kopi kemungkinan besar baru akan terasa jika busui minum kopi lebih dari 2 atau 3 cangkir dalam sehari. Selain berefek kepada bayi, minum kopi terlalu banyak juga bisa memengaruhi kesehatan Anda, Moms. 

Efek samping dari terlalu banyak minum kopi antara lain adalah jantung jadi berdebar-debar, gelisah, cemas, nyeri ulu hati, mual, dan tekanan darah naik. Selain itu, kafein yang terkandung dalam kopi juga bisa membuat busui jadi sulit tidur. Padahal di masa menyusui, Anda membutuhkan waktu tidur dan istirahat yang cukup.

Baca juga: Sering Minum Kopi Hitam Tanpa Gula? Yuk, Ketahui 10 Manfaatnya!

Meminimalisasi efek kopi

Jika Moms ingin tetap mengonsumsi kopi di masa menyusui, Anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk meminimalisasi efek kafein terhadap Si Kecil.

1. Jika Anda ingin minum kopi, sebaiknya kurangi konsumsi jenis makanan atau minuman lain yang juga mengandung kafein, seperti teh, minuman ringan, dan cokelat. Jangan lupa, beberapa jenis obat yang dijual bebas juga mengandung kafein.

2. Berikan ASI kepada bayi sebelum Anda minum kopi atau produk yang mengandung kafein.

3. Setelah minum kopi, sebaiknya tunggu hingga 3 jam sebelum Anda menyusui kembali. Tujuannya adalah memberi waktu buat tubuh untuk memproses kafein dan tersalurkan ke dalam ASI.

4. Batasi konsumsi kopi hanya satu kali dalam sehari. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)