Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Obat Alami untuk Mengatasi Mual Muntah pada Anak

Obat Alami untuk Mengatasi Mual Muntah pada Anak

Anak-anak tergolong rentan mengalami mual dan muntah. Pemicunya beragam, mulai dari kelelahan, terlalu banyak makan, hingga penyakit seperti flu perut, infeksi, dan keracunan makanan. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Muntah pada umumnya bukanlah indikasi penyakit serius. Namun, jika dibiarkan, muntah bisa memicu masalah kesehatan yang cukup fatal, seperti dehidrasi dan penurunan kesadaran. Muntah dalam intensitas ringan bisa diredakan dengan beberapa obat alami berikut ini lho, Moms.

1. Jahe

Jahe termasuk bahan alami yang punya banyak khasiat, salah satunya untuk meredakan mual dan muntah. Dilansir dari KlikDokter, jahe memiliki kandungan gingerol dan shogaol yang berperan dalam mengatasi mual dan muntah.

Untuk Si Kecil, Moms bisa mengolah jahe menjadi minuman hangat. Mengingat rasa jahe cukup tajam, Moms bisa campurkan gula atau lemon agar minuman jahe bisa dinikmati Si Kecil. Moms juga bisa memberikan permen jahe kepada anak.

Perlu diketahui, jahe memang tergolong aman untuk dikonsumsi. Namun, asupan herba ini tetap perlu dibatasi, terutama bagi orang yang memiliki tekanan darah rendah atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah.

2. Peppermint

Peppermint juga bisa menjadi obat muntah alami untuk anak. Bahan alami yang satu ini bisa dikonsumsi sebagai teh atau digunakan sebagai aromaterapi.

Baca juga: Anak Muntah, Ini Pertolongan Pertama dan Tanda Darurat ke Dokter

3. Kayu manis

Kayu manis merupakan bahan alami yang diyakini bisa membantu mengurangi rasa mual dan muntah. Untuk mendapatkan khasiat dari kayu manis, Moms bisa menambahkan kayu manis pada makanan atau minuman untuk Si Kecil.

4. Teh chamomile

Teh chamomile merupakan jenis teh yang dapat memberikan efek menenangkan. Jenis teh ini juga kerap digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti mual, muntah, dan diare. Namun, penggunaannya sebagai obat muntah alami untuk anak tetap perlu dibatasi, ya Moms.

5. Oralit

Menurut Alodokter, oralit bisa menjadi pilihan obat untuk menggantikan cairan tubuh anak yang hilang saat muntah. Moms bisa memberikan Si Kecil, 1-2 sendok teh oralit setiap beberapa menit, kemudian tingkatkan takarannya menjadi 30-60 mililiter setiap jam hingga muntah anak berhenti.

6. Kaldu ayam

Memberikan kaldu ayam juga bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh beserta elektrolit dan natrium yang keluar saat anak muntah, Moms. Anda bisa menambahkan sayuran ke dalam kaldu ayam sehingga Si Kecil bisa mendapatkan asupan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh sehingga kondisinya segera membaik.

7. Biskuit

Selain menambah tenaga, biskuit juga bisa membantu menghentikan muntah pada anak karena bekerja sebagai penyerap kelebihan asam lambung. Manfaat ini diperoleh dari tepung yang terkandung di dalam biskuit. Dengan mengonsumsi biskuit, perut anak yang bergejolak bisa menjadi lebih tenang dan muntah pun akan mereda.

Namun, satu hal yang perlu diingat, sebaiknya Moms memberikan biskuit tawar tanpa gula dan krim untuk meredakan muntah Si Kecil. Pasalnya, makanan hambar lebih mudah dicerna saat anak mengalami mual dan muntah.

Baca juga: 6 Penyebab Anak Muntah Setelah Minum Susu Formula

8. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang juga bisa menjadi obat muntah anak. Buah ini mampu menggantikan mineral kalium yang hilang saat Si Kecil muntah. Selain itu, pisang juga memiliki tekstur padat dan bertepung sehingga mampu membantu meredakan muntah pada anak. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)