Type Keyword(s) to Search
BABY

Kulit Wajah Si Kecil Kurang Kelembapan? Waspada Awal Gejala Dermatitis Atopik

Kulit Wajah Si Kecil Kurang Kelembapan? Waspada Awal Gejala Dermatitis Atopik

Kulit merupakan organ terluar tubuh. Pada manusia, kulit berfungsi untuk menjadi perisai bagi tubuh dari kuman yang dapat menyerang tubuh. Namun, hal ini tidak berlaku pada bayi, Moms. Ini karena kulit bayi masih belum terbentuk dengan sempurna sehingga fungsi perlindungan yang diberikan sangat lemah. Selain itu, kulit bayi juga lebih sensitif terhadap suhu, juga lebih mudah terinfeksi saat terpapar iritan, seperti kain, detergen, dan produk kulit lainnya.

Salah satu masalah kulit yang sering dialami bayi adalah dermatitis atopik, salah satu jenis eksim yang terjadi akibat adanya peradangan atau iritasi pada kulit. Hal ini memang terlihat sepele, tapi tidak boleh dibiarkan apalagi dalam jangka waktu panjang ya, Moms, karena akan menganggu kenyamanan Si Kecil sehingga ia jadi rewel.

Kulit wajah menjadi salah satu titik permasalahan kulit pada Si Kecil. Jika kulit wajah Si Kecil sudah kering, kondisi ini bisa menimbulkan kemerahan bahkan bisa menjadi luka lho, Moms. Oleh karena itu, kelembapan kulit wajahnya menjadi salah satu bagian yang harus Moms perhatikan.

Gejala dermatitis atopik pada bayi                             

Dalam banyak kasus dermatitis atopik pada bayi, gejala yang muncul antara lain, berupa ruam merah dan terasa sangat gatal di area wajah, belakang leher, lutut dan siku. Ternyata, kondisi ini dapat berlangsung lama lho, Moms. 

Beberapa cara ini bisa membantu Moms untuk mencegah dermatitis atopik pada kulit Si Kecil, antara lain:

1. Jaga kuku Si Kecil tetap pendek

Hal ini dilakukan untuk membantu mencegah goresan yang dapat menyebabkan iritasi dan infeksi kulit yang dapat memicu eczema muncul.

2. Gunakan krim pelembap secara rutin

Selain mengatur waktu mandi untuk bayi, perawatan kulit setelah mandi juga penting lho, Moms. Hal ini bisa membuat kulit Si Kecil tetap terjaga kelembapannya dan terhindar dari iritasi. Setelah memandikan Si Kecil, jangan lupa gunakan lotion yang tepat untuk menjaga kelembapan kulitnya. 

3. Perhatikan kebersihan dan kelembapan lingkungan

Penting juga untuk memperhatikan kebersihan dan kelembapan lingkungan di sekitar bayi. Hindari paparan langsung terhadap udara yang terlalu panas atau terlalu dingin dan jaga kelembapan udara di dalam ruangan. Contohnya seperti penggunaan AC dengan suhu terlalu dingin atau terlalu lama karena dapat menyebabkan kulit Si Kecil menjadi kering. 

4. Hindari makanan pemicu alergi

Dermatitis atopik adalah “pintu masuk” tubuh untuk alergi, sehingga fungsi penghalang kulit berkurang. Ketika struktur sel-sel kulit runtuh, itu tidak hanya menyebabkan kelembaban menurun tetapi memungkinkan alergen atau iritasi menyusup ke jaringan yang rentan.

5. Hindari produk yang memicu iritasi

Produk yang mengandung bahan allergan dapat menjadi pemicu utama iritasi pada kulit Si Kecil. Oleh sebab itu, penting untuk Moms memilih produk yang aman digunakan oleh Si Kecil.

Jangan asal pilih krim pelembap untuk Si Kecil

Seperti telah dipaparkan di atas, salah satu cara untuk menjaga kelembapan kulit Si Kecil adalah dengan rutin menggunakan krim pelembap. Eits, tapi Moms jangan asal pilih pelembap, ya. 

Pilih krim pelembap yang diformulasikan khusus untuk mengurangi gejala kulit sensitive dan atopik pada bayi, seperti Bambi Dermacare Intensive Hydrating Face Cream. Mengandung daily skin protection seperti, Triple Ceramide Complex yang dapat menjaga dan memperkuat lapisan kulit Si Kecil, Bisabolol aktif melindungi kulit dari allergen dan meredakan iritasi pada kulit, Pro-Vitamin B5 mencegah kulit Si Kecil agar tidak kering sehingga terjaga kelembapannya. Selain itu, Bambi Dermacare Intensive Hydrating Face Cream mengandung Licorice dan Chamomile yang efektif melembapkan dan menghaluskan kulit wajah Si Kecil.

Kandungan dalam Bambi Dermacare Intensive Hydrating Face Cream tidak menggunakan bahan kimia yang menyebabkan alergi ataupun iritasi pada kulit Si Kecil, sehingga dapat memberikan tiga sensasi, yakni:

1. Soothing

Dapat menenangkan kemerahan, gatal, atau iritasi kulit yang dikarenakan bahan allergen atau iritan yang dapat memicu terjadinya gejala dermatitis.

2. Defense

Mengurangi dan mencegah munculnya kemerahan, gatal, atau iritasi pada kulit Si Kecil yang sensitif. 

3. Refresh 

Bambi Dermacare Intensive Hydrating Face Cream juga memiliki keharuman yang menenangkan, sehingga dapat menjaga kesegaran kulit Si Kecil sepanjang hari

Moms bisa dapatkan produk Bambi Dermacare Intensive Hydrating Face Cream di e-commerce atau supermarket terdekat. Memilih produk kulit yang tepat untuk Si Kecil bisa menjadi bukti cinta Moms untuknya. (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: Freepik, Bambi Baby)