Type Keyword(s) to Search
BABY

Ini Manfaat Pijat Bayi, Tak Hanya untuk Bayi Tapi Juga untuk Moms

Ini Manfaat Pijat Bayi, Tak Hanya untuk Bayi Tapi Juga untuk Moms

Sejak lahir, bayi sangat senang digendong, dipeluk, dan dibelai. Sentuhan yang hangat dan penuh perhatian ini dapat mengungkapkan cinta dan kepedulian. Berbagai penelitian juga telah membuktikan bahwa sentuhan sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan emosional Si Kecil. Salah satu bentuk sentuhan yang bisa Moms berikan adalah dengan memijat bayi. Ada banyak manfaat pijat bayi yang bisa didapatkan.

Seperti halnya sentuhan yang Anda berikan untuk Si Kecil saat menyusui, memandikan, dan menidurkannya, memijat bayi juga bisa menjadi salah satu rutinitas harian untuk membuat bayi merasa nyaman. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat pijat bayi, simak penjelasannya di bawah ini ya, Moms.

Manfaat pijat untuk bayi

Memijat bayi setiap hari bisa memberikan banyak manfaat untuk Si Kecil. Hal ini disampaikan oleh Asosiasi Pijat Bayi Internasional seperti dilansir dari Parents berikut ini.

1. Interaksi

Pijat bayi memfasilitasi waktu berkualitas antara orang tua dan Si Kecil, meningkatkan perasaan keterikatan, cinta, dan kepercayaan. Kontak dekat sejak dini dengan orang tua ini dapat mendorong berkembangnya rasa empati dan rasa percaya diri pada anak.

2. Stimulasi

Pijat bayi dapat merangsang seluruh sistem tubuh, termasuk pencernaan, kekebalan tubuh, hormonal, dan peredaran darah, serta otot dan persendian. Si Kecil akan mengalami peningkatan kesadaran tubuh, sehingga menghasilkan koordinasi dan keseimbangan yang lebih baik.

3. Pengobatan

Pijat bayi yang dilakukan dengan benar juga bisa membantu meredakan masalah pencernaan, seperti kolik dan sembelit. Selain itu, pijat bayi bisa meredakan ketidaknyamanan dan nyeri saat Si Kecil tumbuh gigi.

4. Relaksasi

Pijat bayi juga dikaitkan dengan peningkatan pola tidur bayi dan orang tua mereka, bersamaan dengan penurunan hormon stres dan peningkatan hormon bahagia. Inilah yang membuat bayi sering kali tidur setelah dipijat.

Penelitian juga menghubungkan pijat bayi dengan penambah berat badan yang sehat, mencegah penyakit kuning, dan pereda nyeri. Terlebih lagi, kinerja kognitif, keterampilan bahasa, dan perkembangan motorik juga mungkin meningkat dengan pijat bayi, berkat interaksi yang terjadi antara Moms dan Si Kecil.

Manfaat pijat bayi untuk ibu

Tak hanya untuk anak, memijat bayi juga punya banyak manfaat untuk ibu:

1. Mencegah baby blues

Masa-masa setelah melahirkan merupakan salah satu masa paling menantang bagi seorang ibu. Segala perubahan yang terjadi sering kali membuat Moms merasa stres. Memijat bayi dengan rutin terbukti bisa membuat Anda merasa tenang dan rileks sehingga dapat mencegah terjadinya baby blues.

2. Makin memahami bayi

Momen memijat bisa membuat Moms makin memahami bayi. Anda bisa menemukan apa yang disukai dan tidak disukai Si Kecil. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah memenuhi kebutuhannya.

3. Menjalin ikatan dengan bayi

Rutinitas memijat dapat meningkatkan bonding atau ikatan antara bayi dan orang tua. Ikatan yang kuat juga diketahui dapat mempercepat pemulihan ibu melahirkan dan membuat suasana hati ibu jadi lebih stabil.

4. Membuat ibu lebih percaya diri dalam melakukan perawatan harian

Aroma produk yang digunakan saat melakukan pijat bayi dapat membuat Moms merasa lebih percaya diri dan tidak bersalah saat melakukan perawatan harian. Merawat diri bisa menjadi rutinitas menyenangkan yang bisa membuat seorang ibu merasa berharga dan juga bisa menjadi momen me time yang menyenangkan.

Manfaat pijat bayi buat Moms dan Si Kecil seperti disebutkan di atas bisa menjadi alasan yang kuat untuk mulai melakukannya sekarang juga, Moms! (M&B/RF/Foto: William Fortunato/Pexels)