Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tak Hanya Indah, 10 Bunga Ini Juga Melambangkan Ketenangan dan Kedamaian

Tak Hanya Indah, 10 Bunga Ini Juga Melambangkan Ketenangan dan Kedamaian

Bunga telah lama menjadi simbol keindahan. Warna bunga dan aromanya sering kali diasosiasikan dengan berbagai emosi dan perasaan, sehingga setiap bunga membawa makna simbolis yang mendalam.

Ada beberapa jenis bunga yang melambangkan ketenangan dan kedamaian, yang kehadirannya mampu menciptakan suasana tenang dan tenteram. Berikut ini 10 bunga yang tidak hanya terkenal memesona, tetapi juga melambangkan ketenangan dan kedamaian.

1. Lavender

Lavender adalah salah satu bunga paling populer sebagai bunga yang melambangkan ketenangan. Berkat aromanya yang menenangkan dan warna bunganya yang lembut, lavender telah terbukti mampu memberikan efek relaksasi dan mengurangi stres. Karena itu, lavender sering dijadikan sebagai bahan utama dalam lilin aromaterapi, essential oil, hingga teh herbal. Lavender juga bisa menjadi pilihan bunga yang sempurna untuk ditanam di taman rumah Anda untuk mempercantik taman dan memanjakan mata secara visual.

2. Chamomile

Bunga chamomile dengan tampilannya yang mirip bunga aster juga terkenal sebagai bunga yang melambangkan ketenangan. Berkat warna bunganya yang lembut dan aromanya yang khas, chamomile dikaitkan dengan rasa tenang dan nyaman. Sering diseduh sebagai teh herbal, bunga ini telah terbukti mampu memberikan ketenangan, mengurangi stres, dan membantu tidur lebih nyenyak.

3. Melati

Di banyak budaya, melati dikenal sebagai bunga indah yang melambangkan ketenangan, relaksasi, dan kejernihan pikiran. Bunga ini juga melambangkan cinta dan kasih sayang, kemurnian, dan kebangkitan spiritual. Aroma bunga melati yang sangat harum juga terbukti mampu memberikan ketenangan batin, mengurangi stres, dan meningkatkan suasana hati.

4. Mawar biru

Di beberapa budaya, mawar biru dipercaya sebagai bunga yang melambangkan ketenangan, relaksasi, harmoni, dan kedamaian. Warna kelopak bunganya yang biru cantik ditambah aromanya yang lembut dan manis terbukti mampu memberikan efek menenangkan dan menciptakan suasana damai.

5. Mawar putih

Serupa dengan mawar biru, mawar putih juga termasuk varietas bunga mawar yang melambangkan ketenangan. Secara umum, mawar putih sering menjadi lambang kemurniaan dan kepolosan. Namun, warna bunganya yang putih lembut mampu menciptakan kesan tenang dan damai, menjadikannya salah satu bunga yang melambangkan ketenangan.

6. Peace lily

Seperti namanya, peace lily adalah bunga indah yang melambangkan perdamaian, ketenangan, dan harmoni. Bunga berwarna putih dengan daun berwarna hijau cerah ini dianggap sebagai simbol kedamaian batin dan keharmonisan sekaligus keberuntungan dan kemakmuran. Kehadiran bunga ini di dalam rumah dipercaya mampu menghadirkan energi positif yang membantu menciptakan suasana tenang dan tenteram.

7. Teratai

Di banyak budaya Timur dan agama Buddha, bunga teratai dianggap merepresentasikan ketenangan dan kedamaian batin dan jiwa serta kemurnian. Oleh karena itu, bunga ini sering menjadi simbol meditasi dan relaksasi.

Tumbuh di air berlumpur, tapi masih bisa mekar menjadi bunga yang indah, teratai juga merupakan lambang perjalanan hidup ke arah yang lebih baik, meskipun harus menghadapi tantangan yang berat. Bunga ini juga menjadi simbol pencerahan hidup yang kuat.

8. Peony

Bunga peony dianggap menjadi simbol ketenangan dan kedamaian. Keindahan dan keharuman peony yang memesona mampu meningkatkan suasana hati dan memberikan perasaan damai dan tenang. Kehadiran bunga ini dipercaya bisa menjadi cara yang bagus untuk menghadirkan ketenangan, harmoni, dan relaksasi di dalam rumah.

9. Bluebell

Sesuai namanya, bluebell memiliki kelopak bunga yang berbentuk lonceng dan berwarna biru lembut. Secara umum, bunga bluebell menjadi simbol rasa syukur dan kerendahan hati. Namun, di banyak budaya, bluebell juga dianggap sebagai simbol perdamaian, harmoni, dan ketenangan, berkat warna dan aroma bunganya yang lembut dan khas.

10. Gardenia

Satu lagi bunga yang melambangkan ketenangan, yaitu gardenia. Secara umum, bunga ini sering dikaitkan dengan cinta dan kemurnian. Maka, tidak mengherankan bila gardenia kerap disertakan dalam rangkaian buket bunga pernikahan. Namun, di sisi lain, gardenia yang memiliki kelopak bunga berwarna putih lembut juga dianggap sebagai bunga yang melambangkan ketenangan dan kedamaian.

Itulah beberapa bunga yang melambangkan ketenangan, kedamaian, dan relaksasi, yang kehadirannya mampu menciptakan suasana tenang dan tenteram. Baik Anda menanam bunga-bunga tersebut di taman luar ruangan atau di pot di dalam ruangan, semuanya bisa membantu menciptakan suasana yang tenang dan damai serta berkontribusi pada kesejahteraan emosional Anda secara keseluruhan. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Marta Dzedyshko/Pexels)