Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil, Jadi Pengganti Susu Sapi

7 Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil, Jadi Pengganti Susu Sapi

Saat hamil, untuk memastikan janin di dalam kandungan menerima nutrisi yang dibutuhkan, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi selama kehamilan. Salah satu minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi bumil adalah susu. Namun, buat buat bumil yang alergi susu sapi, Anda bisa me jadikan susu almond sebagai alternatif pengganti.

Tak hanya memiliki rasa yang enak, susu almond juga memiliki berbagai manfaat untuk ibu hamil. Susu ini mengandung tinggi kalsium, protein, zat besi, vitamin A, B, D, dan E, sekaligus rendah lemak dan kolesterol. Mau tahu apa saja manfaat susu almond untuk bumil? Yuk, simak ulasannya berikut ini, Moms!

1. Meningkatkan kekuatan tulang

Dalam satu hari, bumil membutuhkan kalsium sebanyak 1.200 mg, karena bayi akan mengambil cadangan kalsium dari tubuh bumil untuk proses perkembangan tulangnya. Susu almond bisa menjadi sumber asupan kalsium untuk bumil, terutama mereka yang tidak bisa mengonsumsi susu sapi. Kandungan kalsium dalam susu almond bisa membantu perkembangan tulang dan gigi janin.

2. Mencegah hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan masalah yang serius selama periode kehamilan. Pasalnya, hipertensi bisa menyebabkan risiko preeklampsia yang dapat membahayakan nyawa bumil dan janin. Magnesium dan kalsium yang terdapat dalam susu almond bermanfaat dalam menjaga kadar tekanan darah tetap normal dan mengurangi risiko preeklampsia pada bumil.

3. Menjaga kadar gula darah

Kehamilan dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional. Nah, susu almond bisa membantu menjaga kadar gula darah saat hamil. Susu almond yang bebas gula sangat bermanfaat menjaga kadar gula darah karena hanya mengandung sedikit kalori. Indeks glikemik yang rendah juga menjadikan susu ini baik dikonsumsi bumil untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca juga: 7 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil, Dukung Perkembangan Janin

4. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam susu almond bisa membantu menjaga kulit tetap awet muda. Saat hamil, beberapa perempuan mengalami berbagai masalah kulit, seperti flek, dermatitis atopik, dan hiperpigmentasi. Nah, mengonsumsi susu almond dapat mencegah masalah kulit tersebut. Vitamin E juga mampu mendorong produksi kolagen.

5. Melancarkan pencernaan

Sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang sering dialami bumil. Jika kondisi ini dibiarkan, sembelit yang terjadi saat hamil bisa menyebabkan wasir yang dapat mengakibatkan pendarahan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda disarankan untuk memperbanyak asupan serat. Nah, serat yang terkandung di dalam susu almond bisa membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

6. Menjaga kesehatan jantung

Susu almond mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung bumil. Tak hanya menjaga kesehatan jantung, asam lemak omega-3 juga dapat mendukung perkembangan otak janin di dalam kandungan.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam susu almond juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, bumil tidak akan mudah sakit dan bisa menjalani kehamilannya dengan baik sampai proses persalinan tiba.

Nah, itulah beberapa manfaat susu almond untuk ibu hamil. Meskipun memiliki banyak manfaat untuk bumil, Moms sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu bila ingin mengonsumsi susu almond secara rutin, terutama jika Anda punya riwayat alergi atau kondisi medis tertentu. Anda juga perlu memperhatikan kandungan gula yang terdapat dalam susu almond yang akan Anda konsumsi. (M&B/RF/Foto: Pexels)