Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Kenapa Makeup Tidak Menempel di Wajah? Ini Penyebabnya

Kenapa Makeup Tidak Menempel di Wajah? Ini Penyebabnya

Makeup merupakan salah satu hal yang tak bisa dipisahkan dari kaum hawa. Sebagai perempuan, tentu kita ingin menghasilkan makeup yang flawless, tanpa cela, halus, dan tahan lama. Namun, sayangnya ada kalanya riasan yang kita aplikasikan di wajah justru tak menempel dengan sempurna.

Saat makeup tidak menempel sempurna di wajah, bisa jadi rasa kesal dan tidak percaya diri menghampiri. Dengan sigap Anda mungkin akan bergegas mencari trik untuk membuat tampilan makeup terlihat sempurna. Namun, sebelum melakukannya, sebaiknya Moms perlu tahu dulu kenapa makeup tidak menempel di wajah.

1. Anda memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi

Buat Anda pemilik kulit berminyak, pengaplikasian riasan wajah memang terkadang bisa sangat problematik. Minyak berlebih yang diproduksi kulit Anda merupakan penyebab utama yang membuat produk makeup lebih sulit menempel.

Karenanya, pastikan Moms memilih produk perawatan kulit yang dapat melawan minyak dan memakainya terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan alas bedak atau foundation, agar tidak terlihat pecah-pecah atau bergeser nantinya. Anda juga bisa menggunakan blotting paper atau kertas minyak sebelum mengaplikasikan riasan Anda.

2. Tidak melakukan skin prep

Agar makeup Anda terlihat flawless, menempel sempurna, dan tahan lama, melakukan skin preparation adalah wajib hukumnya. Moms bisa melakukan eksfoliasi terlebih dahulu, kemudian menggunakan pelembap yang disesuaikan dengan jenis kulit, dan jangan lupa menggunakan primer agar alas bedak menempel sempurna dan tahan lama.

3. Kebiasaan menyentuh wajah

Sama seperti kebiasaan menyentuh rambut, sering menyentuh wajah juga bisa membuat riasan Anda bergeser. Kelembapan tangan dan sentuhan yang konstan pada wajah bisa merusak riasan. Selain itu, sering menyentuh wajah bisa menyebarkan kuman dan memperburuk jerawat.

4. Memakai foundation yang salah

Foundation merupakan salah satu produk makeup krusial yang harus diperhatikan. Salah memilih foundation yang tidak cocok dengan jenis kulit akan membuat alas bedak tidak menempel dengan baik. Karenanya, buat Anda pemilik wajah kering, hindari penggunaan foundation tipe matte, karena alas bedak tersebut akan menempel di tempat yang kering dan membentuk area kering yang pada akhirnya bisa memisahkan riasan.

Sementara jika Moms memiliki jenis kulit berminyak, pilih alas bedak yang menyerap minyak atau matte. Alas bedak berbahan dasar minyak justru membuat makeup bergeser seiring Anda memproduksi minyak secara alami di wajah.

5. Terlalu banyak menggunakan foundation

Salah satu penyebab makeup tidak menempel atau luntur adalah penggunaan produk yang terlalu banyak. Perlu Moms ketahui, makin tebal riasan wajah, maka makin besar kemungkinannya luntur. Karena itu, pakai sedikit demi sedikit dan secukupnya.

6. Mencampurkan formula produk makeup

Ketika memilih produk makeup, tentu kita menyesuaikan dengan kondisi kulit. Misalnya, untuk area T-zone (area wajah yang meliputi dahi, hidung, dan dagu) yang kerap berminyak, kita memilih produk matte, sementara untuk area kulit wajah lainnya kita memilih produk dengan formula yang lebih menghidrasi.

Namun, nyatanya pemilihan produk ini tidak menutup kemungkinan membuat riasan bergeser dan tidak menempel. Dilansir dari Byrdie, Sabena Collier, makeup artist yang berbasis di New York City, mengatakan bahwa memadukan formula yang kontras bersama-sama, seperti produk berbasis minyak dengan produk berbasis air, juga bisa menyebabkan pemisahan pada produk riasan di wajah.

7. Menggunakan bedak sebelum produk krim

Penggunaan produk riasan yang salah, seperti menggunakan produk dengan formula berbasis cairan di atas bedak bisa menyebabkan makeup bergeser. Karenanya, selalu gunakan bedak diakhir step makeup Anda.

8. Tidak menggunakan setting spray

Setting spray merupakan cairan yang disemprotkan di wajah yang berguna untuk mengunci riasan wajah. Pastikan memilih setting spary sesuai jenis kulit agar tampilan riasan makin sempurna.

So, Moms, yuk, mulai tinggalkan kebiasaan di atas, agar makeup Anda menempel dengan sempura. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)