Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Pemakaian Bra saat Tidur

Pemakaian Bra saat Tidur

Anda mungkin pernah mendengar rumor bahwa mengenakan bra saat tidur dapat menyebabkan payudara kendur, atau bahkan kanker payudara karena diduga dapat melemahkan jaringan payudara. Namun, ternyata belum ada bukti tentang efek negatif terhadap kesehatan yang disebabkan karena mengenakan bra saat tidur.

 

Seorang Profesor dan Direktur Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship di NYU Langone Medical Center, As Amber Guth, M.D., menepis rumor bahwa memakai bra saat tidur berbahaya. “Mungkin selama ini masyarakat memiliki salah pengertian. Tidak ada bukti yang mendukung rumor bahaya pemakaian bra saat tidur tersebut,” ungkap Prof. Amber seperti dikutip dari Huffington Post.

 

Rumor ini awalnya muncul pada tahun 1995, dalam buku Dressed to Kill, yang juga mencamtumkan tentang bahaya pemakaian harian bra yang ketat, terhadap peningkatan risiko kanker payudara. Dalam buku disebutkan, peningkatan risiko ini terjadi karena adanya konstriksi sistem limfatik, sehingga dapat menyumbat "racun" di dalam tubuh. Tetapi, sebenarnya tidak ada ilmu yang mendukung klaim ini.

 

Secara umum, pemakaian bra tampaknya tidak memiliki efek pada risiko kanker payudara. Sebuah studi kasus terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers, & Prevention menemukan tidak ada hubungan antara risiko kanker payudara dengan pemakaian bra pada wanita.

 

Namun di sisi lain, menurut sumber Huffington Post Female, pemakai bra saat tidur memang tidak memiliki manfaat yang nyata bagi payudara Anda. Usia, frekuensi olahraga, kehamilan, serta menyusuilah yang dapat memengaruhi perubahan bentuk payudara Anda. Sedangkan, risiko kanker dapat dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan Anda.

 

Pilihlah bra yang nyaman untuk Anda beraktivitas sehari-hari. Mengenakan yang terlalu ketat juga disinyalir dapat menyebabkan iritasi pada payudara atau membuat Anda sulit tidur. (Aulia/DT/foto.freedigitalphotos)