Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Bantu Balita Jadi Gemar Membaca

Bantu Balita Jadi Gemar Membaca

Membaca adalah pilar penting bagi perkembangan balita Anda. Dengan menghabiskan waktu bersama untuk membaca bersama dan membiarkannya berimajinasi dengan isi buku, Anda dapat menumbuhkan kegemaran membaca dalam dirinya sejak dini. Dilansir melalui M&B AU, ada 9 tips yang bisa dilakukan untuk membantu Si Kecil belajar membaca.

 

1. Biasakanlah membacakan cerita untuk Si Kecil sejak ia masih bayi. Kegiatan ini selain mampu mempererat bonding dan menjadi bagian dari rutinitas waktu tidur, juga membuatnya akan senang membaca saat dewasa nanti. Tidak perlu membacakan buku yang selalu baru, yang terpenting luangkan waktu membaca bersama sekitar 20 menit setiap harinya.
2. Bacakan isi buku sambil menunjuk gambar-gambarnya, lalu minta Si Kecil menceritakan keadaan di dalam gambar dan apa yang kira-kira akan terjadi selanjutnya. Dengan terlibat dalam interaksi seperti ini, kosa kata dan pemahaman Si Kecil tentang isi cerita akan semakin terasah.
3. Kalau ingin Si Kecil gemar membaca, Anda pun juga harus sering membaca. Sebab orangtua adalah role model Sang Anak. Jadi, sering-seringlah membaca buku dan memberitahu Si Kecil apa buku yang Anda senangi dan mengapa Anda menyenanginya.
4. Dukung ia untuk lebih tertarik pada huruf dengan cara menaruh poster deretan huruf di kamarnya. Setelah itu, ajaklah ia menyanyikan deretan alfabet bersama-bersama secara rutin.
5. Taruh buku anak-anak di tempat yang terjangkau tangan mungilnya pada ruangan-ruangan rumah. Jika Si Kecil memiliki kakak, minta kakaknya untuk membaca bersama Si Adik.
6. Jadikan perpustakaan sebagai destinasi akhir pekan Anda dan keluarga. Berikan informasi kepada Si Kecil bahwa perpustakaan merupakan tempat yang menyenangkan dan kaya akan ilmu.
7. Jangan langsung mengoreksi pengucapan yang salah atau langsung membantu saat Si Kecil mengalami kesulitan membaca. Biarkan ia mencobanya sendiri terlebih dahulu lalu tawarkan bantuan kepadanya.
8. Bertanyalah kepada guru di preschool-nya bagaimana metode mengajarkan membaca di kelas lalu terapkan juga di rumah.
9. Nikmati waktu kebersamaan Anda dan Si Kecil ketika membaca buku. (Sagar/DT/Dok. M&B)