Type Keyword(s) to Search
BABY

Tetap Dekat Dengan Bayi Prematur

Tetap Dekat Dengan Bayi Prematur

Kebanyakan bayi prematur butuh menghabiskan sementara waktu di NICU. Di dalam NICU, mereka akan mendapatkan perawatan khusus agar mampu bertahan hidup dari beberapa masalah yang dialami. Si Kecil akan ditempatkan di inkubator supaya merasa hangat, selalu diobservasi, dan mungkin mendapatkan bantuan pernapasan. Berapa lama ia harus menginap di sana tergantung kondisinya, bisa beberapa hari, minggu, atau bulan.

 

Walaupun Anda dan pasangan akan sangat stres menghadapinya, Anda tetap bisa menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk mengenal Si Kecil dan ikut serta dalam perawatannya. Umumnya, orangtua sedikit cemas serta takut menyentuh Sang Bayi karena ia terlihat sangat rapuh. Kendati demikian, orangtua tidak perlu takut untuk lebih dekat dengan Si Kecil! Dilansir melalui M&B AU, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap dekat, baik secara fisik maupun emosional, dengan bayi prematur.

 

1. Anda mungkin tidak bisa langsung memeluk Si Kecil sebab ada banyak peralatan medis di sekitarnya. Namun, Anda bisa menenangkan dan menstimulasi Si Kecil dengan menyentuh kepalanya atau memberikan pijatan lembut.
2. Anda dapat menggantikan popok dan menyeka bagian tubuhnya supaya tetap bersih.
3. Rekam suara Anda dan pasangan lalu minta suster yang berjaga untuk memutarkannya di dekat Si Kecil saat Anda tidak berada di sampingnya.
4. Apabila kondisinya sudah lebih stabil, lakukan kangaroo care, yaitu memeluknya di bagian dada. Lakukan skin to skin contact, sebab rasa hangat dan kedekatan tersebut dapat membuat bayi tenang serta lebih mudah bernapas. Ia pun mampu merasakan, mencium, dan melihat Anda.
5. Jika memungkinkan, kenalkan Si Kecil dengan ASI. Ini akan melindunginya dari berbagai infeksi yang menyerang. Sekitar usia 34-36 minggu, Anda sudah bisa langsung menyusuinya. (Sagar/DT/Dok. M&B)