Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Yoga untuk Balita

Yoga untuk Balita

Tahukah Anda bahwa yoga dapat membantu balita berolahraga dan mengembangkan imajinasinya secara bersamaan? Kita tahu Si Kecil memiliki energi yang tidak ada habis-habisnya. Dan walaupun tidak akan mengurangi energinya, yoga mampu membantu Si Kecil menyalurkan energi ke arah yang sehat serta melepaskan stres dan ketegangan Si Kecil. Kebanyakan orangtua pun mengakui rasa frustasi anak lebih mudah ditangani setelah mereka melakukan yoga bersama.

 

Menurut keterangan Helen Garabedian, penulis buku Itsy Bitsy Yoga for Toddlers and Pre-Schoolers, keuntungan dari yoga tidak hanya itu. Ia menjelaskan, anak-anak yang berlatih yoga menjadi tidak sering tantrum, saluran pencernaannya lancar, meningkatkan keterampilan mendengar, dan kualitas tidurnya lebih baik. Berikut adalah beberapa pose yoga yang mudah diikuti anak-anak:

 

1. Lion's Breath: Minta Si Kecil bernapas dalam-dalam lalu keluarkan sambil membuka lebar mulut dan menjulurkan lidah. Mungkin ekspresinya akan sangat lucu, tapi ini bisa membantunya melepaskan stres.
2. Pose pohon: Si Kecil berdiri dengan 1 kaki, sementara kaki yang lain bertumpu pada kaki yang satunya. Anda bisa membantunya berdiri dulu sampai ia bisa menyeimbangkan tubuhnya sendiri.
3. Downward-Facing Dog: Si Kecil bisa berpura-pura menjadi anjing besar dengan cara tangan dan lutut bertumpu di lantai lalu tekuk jari-jari kaki ke arah lantai. Saat membuang napas, luruskan lutut dan angkat pinggul. Minta ia menahan posisi tersebut sambil menundukkan kepala dan bernapas beberapa kali. Setelah itu turunkan lutut kembali ke lantai sembari membuang napas. Agar sesi yoga menyenangkan, ajak ia menyalak saat mengangkat pinggulnya. (Sagar/DT/Dok. Huffingtonpost)