Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Kembali Rutin Pasca Persalinan

Kembali Rutin Pasca Persalinan
Olahraga

Pasca persalinan semua rutinitas dan hobi yang biasa Anda jalani tetap bisa dilakukan. Namun, Anda memang membutuhkan waktu untuk melakukannya. Setidaknya, tunggu 4-6 minggu setelah melahirkan atau saat organ-organ reproduksi sudah mulai pulih. Selain itu, ada sedikit aturan yang harus dipahami saat kembali melakukan rutinitas, seperti berikut ini.

 

Olahraga

Jika Anda melahirkan secara Caesar, bersabarlah hingga 6 minggu setelah melahirkan sebelum kembali berolahraga. Hindari gerakan apa pun yang memaksa otot-otot perut bekerja terlalu keras, seperti sit up. Sementara jika Anda menjalani persalinan normal tanpa komplikasi apa pun, Anda boleh sesegera mungkin melakukan olahraga ringan, seperti berjalan-jalan di sekitar rumah. Usai masa nifas, Anda sudah boleh berenang, bersepeda, atau berolahraga di gym sesuai kemampuan. Porsi latihan yang pas adalah 3 kali seminggu dengan durasi sekitar 15-30 menit tiap kali latihan.

 

Hubungan Suami Istri
Kendati masa nifas sudah berlalu, tidak sedikit dari Anda yang menolak ajakan suami untuk berhubungan intim. Alasannya utamanya adalah takut sakit. Padahal, menurut dr. Inayatullah Rifai, Sp.OG dari RS Azra, Bogor, hubungan intim usai melahirkan justru memberi tingkat kepuasan lebih tinggi dibanding sebelumnya. Ini sangat mungkin karena Anda sudah cukup pengalaman ditambah dengan komunikasi seksual yang lebih terbuka.

 

Mengangkat Barang
Di minggu-minggu pertama usai melahirkan, jangan sesekali mencoba mengangkat barang apa pun yang beratnya melebihi bobot Si Kecil. Terlebih, jika Anda melahirkan secara Caesar. Tunggulah minimal 4 minggu atau setelah kunjungan pertama ke dokter kebidanan yang menangani persalinan, guna memastikan kondisi Anda. Kalaupun terpaksa mengambil atau mengangkat sesuatu, lakukan dengan menekuk lutut, bukan dengan membungkuk.

 

Mandi Berendam
Mandi berendam sangat baik karena dapat membuat tubuh relaks, sekaligus menyegarkan pikiran. Namun, jangan pernah menambahkan bahan-bahan kimia dalam cairan mandi, karena bisa menimbulkan iritasi di area vagina Anda. Selain itu, pastikan bak mandi Anda benar-benar dalam keadaan bersih untuk meminimalkan risiko tertular infeksi. Untuk yang melahirkan Caesar, dianjurkan untuk tidak mandi basah selama seminggu, agar area sekitar bekas jahitan tetap kering sehingga tidak mengundang infeksi. (Theresia Puspayanti/DC/Dok. Freedigitalphotos)