Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Gairah Seks Tetap Hangat

Tips Gairah Seks Tetap Hangat

Saat suatu hubungan pernikahan sudah berlangsung lama, wajar bila kehidupan seks Anda mulai berubah. Gairah dan hasrat seksual antara Anda berdua dapat memudar dari waktu ke waktu. Meskipun begitu, Anda perlu mengatasi perubahan ini untuk menjaga keharmonisan pernikahan Anda.

 

Dr. Michael Karson, seorang profesor psikologi di University of Denver sempat menulis tentang bagaimana hubungan jangka panjang dapat meningkatkan kehidupan seks mereka. Ia menekankan perlunya kerja sama tim dan saling mempertimbangkan kebutuhan masing-masing.

 

Dr. Michael menjelaskan tips bagi para pasangan suami istri untuk meningkatkan kehidupan seks mereka seperti berikut dikutip dari M&B Australia.

 

1. Menghargai
Tidak ada manusia yang sempurna, begitu juga pasangan Anda. Cobalah untuk lebih menerima pasangan Anda apa adanya, dan lebih toleransi terhadap kesalahan mereka yang mengganggu Anda. Saat Anda memutuskan untuk menikah, artinya Anda sudah menerima kelebihan dan juga kekurangannya. Kuncinya, tetap menghargai pasangan Anda.

 

2. Buat Jadwal Seks
Pada awal hubungan pernikahan, hubungan seks bisa Anda lakukan lebih intens. Namun, seiring berjalannya waktu semua berubah. Terkadang mungkin Anda lebih tertarik melihat adegan seks secara spontan di film. Menyadari waktu seks Anda tidak lagi seintens dulu, tak ada salahnya untuk membuat jadwal seks yang rutin. Hal tersebut juga guna menghindari perasaan penolakan dari pasangan. Namun, meski kegiatan seks Anda sudah terjadwal, bukan berarti Anda menutup diri terhadap perlakuan kasih sayang lainnya yang spontan, seperti belaian, ciuman, pijatan, ataupun pujian.

 

3. Saling Memuaskan Hasrat Seksual
Dr. Michael juga menyarankan untuk mengubah pola seks Anda. Saat melakukan kegiatan seks, Anda berdua bisa bergantian dalam memuaskan hasrat seksual masing-masing. Jadi, tidak hanya Anda yang harus terus 'bekerja keras' untuk memuaskan orgasme sang suami.

 

4. Seks Sesuai Kebutuhan
Sangat penting untuk saling mempertimbangkan kebutuhan masing-masing saat akan melakukan hubungan seks. Jika salah satu dari Anda tidak mood dalam berhubungan seks, jangan terlalu dipaksakan. Lakukan sesuai kebutuhan Anda berdua. Hal ini tentu dibutuhkan rasa saling pengertian antara Anda berdua.

 

5. Tetap Memikat
Agar kehangatan hubungan Anda tetap terjaga, tidak ada salahnya untuk sedikit 'berusaha' kembali memikat sang suami dengan berpenampilan dan perilaku Anda yang lebih menarik bagi sang suami. Mulai dari merawat tubuh, rambut, kulit, wajah, serta bentuk tubuh yang ideal akan membuat diri Anda lebih menarik, sehingga pasangan akan tetap terpesona pada Anda.

 

6. Cari Gaya Baru
Jika semangat seks sudah mulai kendur, coba lebih banyak bereksplorasi dengan gaya seks baru yang belum pernah Anda berdua coba, dan nyalakan kembali gairah seks Anda. Eksplorasi fantasi seks Anda dengan pasangan, akan memberikan sensasi seks yang baru, yang belum pernah Anda berdua rasakan. Jadi, hubungan Anda akan tetap hangat dan intim. Saat ingin mencoba hal baru ini, diskusikan secara lebih terbuka dengan pasangan Anda. (Aulia/DT/dok.M&B)