Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Kapan Waktunya Bilang Tidak Kepada Si Kecil

Kapan Waktunya Bilang Tidak Kepada Si Kecil

Balita senang melakukan apapun sesuai dengan kata hatinya. Meski begitu, ia perlu batasan agar tahu siapa yang memegang kendali dan membuatnya merasa aman. Jadi, ada beberapa perilaku Si Kecil yang perlu Anda beri tahu kepadanya bahwa hal tersebut tidak bisa ditoleransi. Dilansir melalui M&B AU, inilah keadaan-keadaan yang perlu dikontrol oleh Anda :

 

Katakan Tidak Saat Si Kecil Dalam Bahaya
Sangat lazim jika Si Kecil ingin berlari, memanjat, dan bereksplorasi. Kendati demikian, terkadang ia melakukan hal yang dapat membahayakan dirinya sendiri. Jika itu terjadi, segera hentikan Si Kecil dengan menatap matanya lalu katakan tidak secara tegas. Bagi balita yang belum mengerti kata tidak boleh, Anda bisa langsung menjauhkan dirinya dari hal yang berbahaya, misalnya saat ia mendekati kompor. Anda pun bisa menggunakan kata-kata pengganti lainnya, seperti 'aduh' atau 'panas', agar ia mengerti kalau yang ia lakukan berbahaya.

 

Katakan Tidak Saat Si Kecil Menyakiti Orang Lain
Balita di bawah usia 3 tahun masih belum mampu melihat perspektif orang lain atau mengerti situasi di sekitarnya. Jadi jangan heran apabila tiba-tiba ia menendang atau menggigit orang lain untuk menyalurkan rasa frustasi serta kemarahan di dalam dirinya. Segera hentikan perilaku buruknya namun cari tahu apa yang membuatnya marah. Katakan padanya, “Mama tahu kamu marah, tapi kamu tidak boleh memukul orang lain karena ia akan kesakitan.” Minta juga pada Si Kecil untuk mencium atau memeluk orang yang sudah disakitinya serta meminta maaf.

 

Katakan Tidak Saat Si Kecil Tantrum
Seperti kita ketahui, ketika Si Kecil tidak bisa mendapatkan atau melakukan sesuatu yang diinginkannya ia akan mengamuk. Dalam keadaan lelah, tentu rasanya sangat sulit untuk tetap tenang dan tidak memarahinya. Jadi, jika emosi Anda memuncak, pergilah untuk sementara waktu sebelum menghadapi Si Kecil. Saat Anda berdua sudah sama-sama tenang, peluk dirinya lalu hibur dirinya namun tetap ingatkan Anda tidak bisa memenuhi permintaannya.

 

Katakan Tidak Saat Si Kecil Mengambil Paksa Milik Orang Lain
Kejadian ini sering terjadi saat Si Kecil bermain dengan teman atau saudaranya? Segera ambil tindakan dengan meminta mainan tersebut secara tegas lalu mengembalikannya kepada pemiliknya. Ajarkan kepada Si Kecil untuk selalu meminta izin terlebih dahulu sebelum meminjam mainan orang lain. (Sagar/DT/Dok. M&B AU)