Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Perkembangan Si Kecil Mengalami 'Kemunduran'?

Perkembangan Si Kecil Mengalami 'Kemunduran'?

Anda pasti sangat senang jika balita Anda sudah bisa makan sendiri. Namun, suatu hari ia menangis meraung-raung menolak saat Anda menyajikan makanan favoritnya dan minta disuapi kembali. Jangan langsung terburu-buru merasa Si Kecil mengalami kemunduran dalam tahapan milestones-nya ya, Moms! Tenang saja, sebab semua itu normal terjadi. Memelajari begitu banyak skill terkadang memang membuat Si Kecil kewalahan. Jadi, jangan khawatir dan inilah yang harus Anda lakukan.

 

1.Pahami perasaannya. Jika Si kecil tidak mengatakan apa yang mengganggunya, perhatikan tingkah lakunya, Anda akan menemukan jawabannya di sana.
2.Daripada mencari apa yang baik atau buruk, lebih baik lihat sinyal yang ia berikan. Saat Si Kecil mengalami kemunduran, ia biasanya akan memperlihatkan apa yang dibutuhkan agar kembali nyaman. Izinkan ia bermanja-manja dengan Anda atau bacakan buku kesukaannya. Sikapnya akan kembali segera setelah ia merasa nyaman.
3.Tetap berikan dukungan agar ia tetap semangat mempelajari berbagai hal baru. Sebisa mungkin, berikan ia kebebasan untuk mengembangkan kemandiriannya. Jangan khawatir dengan 'kemunduran' yang sesekali dialaminya, itu hanyalah bagian dari proses yang harus dilewati setiap balita untuk berkembang. (DC/Sagar/DT/Dok. M&B)

 

Yuk, lihat milestones Si Kecil tentang 'Si Mandiri yang Berempati' di majalah Mother&Baby edisi Maret 2015!