Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Fakta Seks Pasca Persalinan

Fakta Seks Pasca Persalinan

Tidak hanya saat hamil, setelah melahirkan ada hal yang perlu Anda perhatikan saat akan melakukan hubungan seksual. Setelah melahirkan, dokter akan menyarankan Anda untuk menunggu hingga 4 minggu sebelum melakukan hubungan seks. Namun, hal tersebut juga tergantung pada kondisi persalinan Anda, dan seberapa cepat proses penyembuhan  tubuh Anda. Jadi, hindari stres dan perasaan tertekan sampai tubuh Anda benar-benar siap.

 

Ada beberapa fakta seks pasca melahirkan yang perlu Anda ketahui, seperti berikut.

 

1. Lokia adalah perdarahan pasca persalinan yang dapat berlangsung beberapa hari sampai 6 minggu setelah melahirkan. Anda harus berpikir lagi untuk melakukan hubungan seks di fase ini.
2. Setelah melahirkan, vagina Anda akan lebih kering dari biasanya. Ini adalah kondisi sementara yang disebabkan oleh hormon Anda. Lakukan foreplay lebih lama untuk merangsang pelumas di vagina sebelum berhubungan atau gunakan pelumas saat berhubungan seks.
3. Jika Anda memiliki kelahiran normal, Anda mungkin akan merasa kurang nyaman karena robekan di lubang vagina Anda. Lakukan latihan dasar panggul secara rutin akan memperbaiki kondisi ini.
4. Anda akan merasa kurang nyaman karena mengalami kebocoran susu saat melakukan hubungan seks.
5. Mungkin Anda akan merasa risih saat ‘melayani’ suami pasca melahirkan, karena kondisi tubuh Anda. Jangan sampai hal ini membuat Anda tertekan. Rileks dan nikmati saja malam ‘panas’ Anda. Oleh karena itu, lakukan seks jika mood Anda benar-benar melakukannya.
6. Suami Anda mungkin akan merasa cemburu dengan bayi Anda sejak pasca persalinan. Beri suami Anda pengertian secara baik-baik untuk mengatasi hal ini.
7. Orangtua baru biasanya sulit melakukan hubungan seks secara spontan. Sejak pasca persalinan, aktivitas seks Anda harus direncanakan sebelumnya. (Aulia/DT/dok.M&B)