Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Benarkah Kulit Jadi Lebih Indah saat Hamil?

Benarkah Kulit Jadi Lebih Indah saat Hamil?

Roger W. Harms, M.D., medical director di situs Mayoclinic, membenarkan bahwa pregnancy glow memang benar ada. Pregnancy glow adalah kondisi kulit ibu hamil yang terlihat lebih cantik, halus, dan berseri. Selama kehamilan, terjadi peningkatan volume darah dan produksi hormone HcG (human chorionic gonadotropin). Peningkatan pada kedua hal ini menyebabkan kulit ibu hamil menjadi lebih berseri. Ketika hamil, kulit Anda mampu menyimpan kelembapan lebih banyak, dan menjadikannya kenyal serta menghilangkan garis-garis halus yang mungkin ada sebelumnya.


Tak hanya itu, saat hamil, lebih banyak volume darah yang mengalir dalam pembuluh. Hal ini menyebabkan kulit terlihat lebih cerah bersinar. Peningkatan hormone HcG dan progesterone juga menyebabkan kulit wajah lebih sedikit memproduksi minyak.


Namun, tak semua ibu hamil bisa memiliki kulit yang lebih indah ini. Peningkatan hormon-hormon ternyata juga bisa menyebabkan efek yang sebaliknya, yaitu kulit menjadi kering, kusam, bahkan menghitam. Itulah mengapa, jika Anda mengalami pregnancy glow, bersyukurlah karena Anda beruntung.

 

(OCH/ Dok. M&B UK)