Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Saat Bayi Terlambat Lahir

Saat Bayi Terlambat Lahir

Sembilan bulan adalah waktu yang sangat lama untuk menunggu apapun, termasuk kelahiran calon bayi Anda. Tidak heran jika Anda sangat tidak sabar menunggu hari persalinan. Walaupun perkiraan waktu lahir tidak selalu tepat, namun jarang ada yang terlalu meleset jauh dari waktu yang diperkirakan.

 

Dokter menghitung waktu melahirkan sejak hari pertama menstruasi terakhir Anda. Melalui USG pada usia kandungan 12 minggu, hal ini juga bisa diketahui dengan lebih akurat dari pergerakan janin dalam kandungan. Waktu melahirkan yang normal adalah ketika kandungan ibu telah berusia 37 sampai 42 minggu. Berdasarkan penelitian, hanya 4 persen bayi yang lahir tepat pada waktu lahirnya.

 

Jika Anda melakukan kunjungan kehamilan pada saat kandungan berusia 41 minggu, dokter akan memastikan apakah waktu lahir Anda sudah lewat dari yang pernah diprediksikan, dilihat dari hari terakhir menstruasi Anda dan tes USG yang pernah Anda jalani. Perut Anda akan diperiksa untuk mengetahui posisi dan besar janin. Lalu, atas izin Anda, dokter juga akan melakukan pemeriksaan internal untuk melihat apakah rahim Anda sudah siap untuk melahirkan.

 

Dokter mungkin akan menawarkan pada Anda untuk melakukan pembersihan selaput yang menyelubungi janin di dalam rahim (membrane sweeping), untuk menstimulasi rahim Anda. Setelah itu, dokter akan memberitahu apakah sebaiknya Anda menunggu saja sampai Si Kecil lahir atau menjalani induksi. Jika Anda setuju untuk melakukan induksi, dokter akan menetapkan tanggal kapan saat yang tepat untuk diinduksi. (M&B/Sagar/DT/Dok. M&B)