Type Keyword(s) to Search
BABY

Lakukan Ini untuk Tumbuh-Kembang Otak Bayi

Lakukan Ini untuk Tumbuh-Kembang Otak Bayi

Tahukah Moms, sentuhan dan kata-kata bisa memengaruhi perkembangan otak bayi. Semua ibu pasti ingin bayinya memiliki otak cerdas saat dewasa nantinya. Oleh karena itu, persiapkanlah mulai dari sekarang.

 

Dilansir dari Times of India, para pakar dan dokter mengungkap rahasia bagaimana memperlakukan bayi agar otaknya mengalami perkembangan yang baik. Menurut mereka sentuhan dan kata-kata sang ibu sangat memengaruhi tumbuh kembang otaknya. Misalnya, Anda menyentuh kakinya dan mengajaknya berbicara, bayi Anda akan secara refleks merespon sentuhan tersebut. Pada dasarnya bayi senang disentuh dan diajak bicara. Hal ini bisa memberikan rangsangan pada otaknya.

 

Selain itu Moms harus memerhatikan usia bayi kapan bisa merespon perlakuan Anda. Saat usia 2 bulan, Anda bisa bermain-main dengan mendekatkan wajah dengan wajah bayi Anda, karena di usia ini ia sudah bisa mengenal sosok orang lain. Dengan demikian, ia bisa mengenal Anda sebagai sosok penting dalam hidupnya. Atau bisa dilakukan dengan meletakkan jari Anda di telapak tangannya dan biarkan ia memainkannya.

 

Untuk memberikan perasaan senang pada bayi Anda bisa menggelitiknya namun dalam porsi selama bayi merasa nyaman. Menurut pakar bayi menyukai rasa yang ditimbulkan karena digelitik. Sementara saat menginjak usia 4 bulan, Anda bisa mengenalkan warna-warna dengan mempelihatkan mainan berwarna-warni kepadanya. Menginjak bulan ke-5, Anda bisa mengajaknya bermain peakboo atau 'Ci Luk Ba' untuk melatih memorinya. Sementara di usia 6 bulan, lakukan permainan yang mendorongnya untuk bergerak atau berpindah. Hal ini membantu meningkatkan mobilitasnya.

 

Nah, yang paling penting Moms, ajaklah selalu bayi Anda untuk berbicara dan berikan ekspresi yang menyenangkan.

(Meiskhe/DT/dok.MBUK)