Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Penelitian Terbaru: Melahirkan di Rumah Lebih Aman

Penelitian Terbaru: Melahirkan di Rumah Lebih Aman

Kita mungkin akan mengernyitkan dahi jika ada rekan yang memutuskan untuk melahirkan di rumah. Namun, penelitian dari American College of Obstetricians & Gynecologists baru-baru ini menyatakan bahwa melahirkan di rumah justru membuat bayi lebih sehat. Proses melahirkan pun lebih aman. 

 

Profesor Simone Buitendjik melakukan penelitian pada 530.000 perempuan, setengah dari mereka melahirkan di rumah, dan setengah dari mereka melahirkan di rumah sakit. “Dalam penelitian ini kami menemukan bahwa bayi yang meninggal alias kematian neonatal pada mereka yang melahirkan di rumah, angkanya lebih kecil dibanding mereka yang melahirkan di rumah sakit,” ujar pemimpin dari Child Health Programme di Netherlands Organisation for Applied Scientific Research Leiden University ini. Ia mengemukakan bahwa bagi ibu yang masih ragu untuk melahirkan di rumah dengan metode gentle birth, misalnya, tak perlu terlalu khawatir.

 

Canadian Medical Association Journal juga mencatat bahwa bayi yang lahir di rumah dengan bidan atau dokter yang memiliki kualifikasi baik, memiliki risiko kematian yang lebih kecil dibanding di rumah sakit. Hal ini disebabkan karena suasana rumah lebih nyaman bagi Si Kecil dan ibu dibanding suasana di rumah sakit. “Di rumah, kelahiran terjadi secara natural dan begitu saja, tanpa prosedur. Ini yang membuat ibu yang melahirkan pun merasa nyaman,” tambah Jill Cohen, editor dari Midwifery Today.

 

(Natasha/DT/dok.MBUK)