Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Payudara Sehat saat Hamil

Payudara Sehat saat Hamil

Seorang calon ibu akan mengalami banyak perubahan secara fisik, salah satunya payudara. Tidak hanya membesar dan kadang terasa agak sakit, namun ternyata ada perubahan lain yang tak disadari, misalnya saja, perubahan puting susu dan keluarnya beberapa tetes ASI. Ada beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga payudara tetap nyaman di tengah perubahannya.

 

1. Payudara Nyeri
Payudara nyeri tidak dirasakan semua wanita. Tapi, ada beberapa wanita yang merasakan sakit luar biasa ketika payudaranya dipegang, meski dengan lembut. Biasanya, nyeri di payudara dirasakan di trimester awal kehamilan. Pertambahan hormon estrogen dan progestron adalah penyebabnya. Tenang saja, di trimester selanjutnya, nyeri payudara ini akan berkurang.
Solusi:
- Pakailah bra hamil yang pas dengan ukuran payudara Anda dan hindari penggunaan bra dengan kawat.
-  Saat tidur, gunakan bra yang terbuat dari katun.
- Hati-hati dalam bergerak, jangan sampai Anda tidak sengaja menekan payudara sendiri. Katakan hal yang sama pada pasangan Anda.

 

2. Ukuran Lebih Besar
Tentu saja mendapatkan ukuran payudara yang lebih besar tanpa operasi adalah hal yang menyenangkan. Dan, Anda akan mendapatkannnya ketika hamil dan menyusui. Payudara Anda akan mulai membesar di usia kehamilan 6 minggu. Biasanya, ukuran payudara wanita bertambah satu ukuran pada masa kehamilan. Pertambahan ukuran ini selain membuat nyeri, juga membuat kulit payudara terasa gatal.
Solusi:
- Gunakan pelembap untuk mengurangi rasa gatal.
- Pilih bra dengan ukuran yang tepat untuk mengurangi rasa nyeri.

 

Baca artikel lengkapnya tentang masalah pada payudara saat hamil beserta solusi di Mother&Baby edisi Mei 2015! (SA/Aulia/dok.M&B)