Type Keyword(s) to Search
BABY

Meredakan Tangisan Si Kecil

Meredakan Tangisan Si Kecil

Setiap bayi pasti menangis. Jadi, jika tiba-tiba Si Kecil menangis dan rewel, entah karena lapar, kesakitan, merasa terlalu panas atau dingin, serta kolik, ini bukanlah kesalahan Anda atau Si Kecil. Dilansir melalui sumber M&B Australia, yang perlu Anda lakukan adalah tetap tenang dan lakukan hal berikut.

 

Dibedong
Bayi sangat menyukai kehangatan dan rasa aman. Karenanya, dengan membedong atau melapisi tubuh Si Kecil dengan selimut atau kain akan sangat menenteramkan serta menenangkan dirinya. Anda juga bisa mendekap Si Kecil di dada Anda, agar ia bisa mendengar detak jantung Anda. Samakan ritme napas Anda dengan Si Kecil, lalu secara lembut usap kepalanya.

 

Buat Suasana Tenang
Bayi sangat menikmati suara lembut dan akan mudah tertidur jika mendengarkan suara yang familiar. Sedangkan suara keras dan mengagetkan akan membuat mereka kesal. Jadi, usahakan untuk tidak bersuara terlalu kencang di sekitarnya.

 

Pijat
Bayi menyukai sentuhan orangtuanya. Jika Si Kecil menangis, taruh ia di atas selimut yang tebal lalu pijat bagian kaki dan badannya secara perlahan dengan gerakan memutar.

 

Bergerak
Saat ia menangis, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggendongnya lalu melangkah pelan sambil mengayun-ayunnya sebab bayi sangat senang dengan gerakan. Anda pun dapat mengajaknya naik mobil untuk menenangkannya.

 

Biarkan Si Kecil Mengisap Sesuatu
Pacifier atau teether di rumah ternyata juga bisa membantu meredakan tangisan Si Kecil! Namun, jika ia sudah cukup besar, Anda bisa memberikan roti tawar untuk ia kunyah.

 

Tenangkan Diri
Jangan merasa bersalah jika sewaktu-waktu emosi Anda memuncak dan tidak bisa ditahan ketika melihat Si Kecil terus-terusan merengek. Taruh ia di tempat yang aman, lalu keluarlah dari ruangan untuk sementara waktu sampai Anda merasa tenang. Jangan menyimpan emosi Anda, jika perlu Anda boleh menangis. Anda juga bisa menelepon suami atau anggota keluarga dan menceritakan secara singkat mengenai perasaan Anda. Setelah lebih tenang, kembalilah ke ruangan untuk menghadapi Si Kecil.

 

Minta Bantuan
Sesekali Anda butuh waktu 'libur', meski hanya beberapa jam saja. Minta suami Anda menjaga Si Kecil dan biarkan ia mengatasi kondisi ketika Si Kecil mulai menangis. Pergilah bersama teman-teman Anda lalu ceritakan kesulitan Anda. Dengan begitu, Anda pun akan merasa sedikit lebih lega dan mungkin mendapat tips-tips jitu menenangkan bayi dari mereka. Namun, bila Si Kecil menangis terlalu sering serta lebih lama daripada biasanya, atau cara ia menangis berbeda, ikuti insting Anda untuk langsung mengunjungi dokter. (Sagar/DT/Dok. M&B)