Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Tips Kenalkan Makanan Sehat untuk Si Kecil

Tips Kenalkan Makanan Sehat untuk Si Kecil

Anda perlu mengenalkan buah hati Anda mengenai makanan sehat sejak dini. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti tips berikut.

 

Ajak berbelanja. Saat berbelanja bahan makanan sehari-hari, Anda bisa mengajaknya. Biarkan ia memilih sendiri jenis sayuran atau buah-buahan segar. Dengan demikian kemungkinan besar, ia akan lebih menikmati makanan yang dipilihnya.
Batasi porsi makanan. Jumlah makanan yang dikonsumsi harus sesuai dengan usia, berat badan dan tingkat aktivitasnya. Untuk usia 1-2 tahun, Si Kecil membutuhkan 800-1000 kalori setiap harinya. Ukuran porsi seimbang untuk balita adalah ¼ dari porsi makanan orang dewasa.
Tidak perlu khawatir dengan lemak. Balita memerlukan separuh kalori dari lemak untuk mendukung pertumbuhannya. Seorang balita yang mengonsumsi 1000 kalori/hari, berat badannya tidak akan bertambah secara drastis. Saat usianya memasuki 2 tahun, Anda perlu memerhatikannya untuk diet lemak, dengan hanya mengonsumsi 1/3 dari kalori.
Sajikan makanan yang mudah dikunyah. Sampai usia 4 tahun, Si Kecil masih belum mengunyah dengan baik. Untuk membantunya, Anda perlu menyajikan makanan dalam potongan-potongan kecil agar ia lebih mudah memakannya.
Fleksibel. Kemungkinan besar Si Kecil gampang bosan dengan makanan yang Anda sajikan setiap hari. Jadilah fleksibel dan kreatif dengan mencoba menu baru setiap hari.
Masak bersama-sama. Anda bisa mengajak Si Kecil ke dapur dan menyediakan bahan makanan bersama. Dengan ia ikut membantu membuat makanan, bisa jadi ia akan semakin menikmati makanan yang Anda sajikan. Selain itu memasak makanan bersama adalah salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan selera makannya.

 

Selamat mencoba, Moms!

(Meiskhe/DT/dok.M&B UK)